Jurnalistika
Loading...

6 Amalan Bagi Wanita Haid di Bulan Ramadhan

  • Ratu Masrana

    26 Mar 2023 | 11:15 WIB

    Bagikan:

image

Ilustrasi wanita sedang haid. (Sora Shimazaki/Pexel)

jurnalistika.id – Wanita yang sedang haid termasuk salah satu orang yang tidak bisa melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Meski tidak boleh berpuasa, ada amalan di bulan Ramadhan bagi wanita haid agar tetap mendapat keberkahan.

Ramadhan adalah bulan di mana kita membuktikan wujud cinta, pada setiap kesempatan yang berlipat-lipat. Kebajikan adalah cinta, berbagi adalah cinta, menata hidup untuk lebih bijak adalah cinta. Dan kita semua merupakan wujud cinta dari Sang Maha Cinta.

Bagi kaum hawa yang sedang haid, tentunya juga ingin mendapat keberkahan di bulan Ramadhan meski tidak berpuasa. Lantas, apa sih amalam-amalan di bulan puasa ketika sedang haid?

Pertama-tama, yuk kita kepoin dulu, ayat Al-Quran dan hadisnya yang melarang puasa ketika haid:

Hadis:

عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ: كَانَ يُحْرِمُ عَلَيْنَا الصَّوْمُ فِي الْمُصْبِحَاتِ فَقُلْتُ: يَا رَسُولَ اللَّهِ! هَلْ يُحْرِمُ عَلَى الْمُحْتَاضَةِ؟ فَقَالَ: “نَعَمْ، وَهِيَ مِنْ عِرْضِ اللَّهِ”

Artinya: Dari Abu Sa’id Al-Khudri ra. dia berkata: Nabi saw. melarang kami berpuasa pada hari-hari Muṣḥibbah. Lalu aku bertanya: “Wahai Rasulullah, apakah dilarang juga bagi wanita yang sedang haid?” Beliau menjawab: “Ya, ia termasuk bagian dari hal-hal yang tidak boleh dilakukan selama haid.”

(Sahih Muslim no. 335)

Ayat Al-Quran:

يَسْأَلُونَكَ عَنِ الْمَحِيضِ ۖ قُلْ هُوَ أَذًى فَاعْتَزِلُوا النِّسَاءَ فِي الْمَحِيضِ ۖ وَلَا تَقْرَبُوهُنَّ حَتَّىٰ يَطْهُرْنَ ۖ فَإِذَا تَطَهَّرْنَ فَأْتُوهُنَّ مِنْ حَيْثُ أَمَرَكُمُ اللَّهُ ۚ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ التَّوَّابِينَ وَيُحِبُّ الْمُتَطَهِّرِينَ

Artinya: Mereka menanyakan kepadamu tentang haidh (wanita). Katakanlah: “Haidh itu adalah sesuatu yang kotor, maka janganlah kamu bersetubuh dengan mereka dalam keadaan haidh, dan janganlah kamu mendekati mereka (untuk bersetubuh) sebelum mereka suci. Kemudian apabila mereka telah suci, maka campurilah mereka itu di tempat yang diperintahkan Allah kepadamu.” Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri.

(Al-Baqarah: 222)

Amalan di Bulan Ramadhan Bagi Wanita Haid

Nah, Setelah tahu hadis dan ayat Al-Qurannya, kita liat yuk, amalan- amalan apa saja yang bisa dilakukan oleh wanita ketika haid di bulan Ramadhan:

1. Menjaga Kebersihan Diri

Menjaga kebersihan diri selama haid sangat penting. Wanita muslim harus memastikan bahwa mereka mandi setiap hari dan mengganti pembalut secara teratur. Selain itu, mereka juga harus memastikan bahwa mereka membersihkan area intim mereka dengan benar.

2. Membaca Doa dan Dzikir

Wanita haid dapat memanfaatkan waktu puasa untuk membaca doa-doa dan dzikir yang dianjurkan dalam Islam. Hal ini akan membantu meningkatkan keimanan dan ketaqwaan serta memperkuat hubungan dengan Allah SWT.

3. Mengikuti Program Pengajian

Wanita haid dapat mengikuti program pengajian di masjid atau di rumah untuk meningkatkan pemahaman tentang Islam. Program pengajian dapat membantu meningkatkan keimanan dan ketaqwaan serta memberikan motivasi dan inspirasi dalam menjalani ibadah.

4. Mendengarkan Lantunan Ayat-Ayat Al-Quran

Wanita haid dilarang membaca Al-Quran, tetapi ia boleh mendengarkannya ketika ada orag lain yang sedang membacanya.

5. Bersilaturahmi

Bersilaturahmi merupakan kewajiban bagi setiap muslim. Jadi, wanita haid boleh meningkatkan amalannya dengan bersilaturahmi, mengunjungi tetangga atau saudaranya.

6. Menyantuni Anak Yatim dan Fakir Miskin

Menyantuni anak yatim dan fakir miskin merupakan amalan yang mudah namun pahalanya cukup besar, walaupun hanya menebar senyuman kebaikan.

Nah, untuk kaum hawa yang sedang haid di bulan puasa, yuk kita tingkatkan amalan-amalan kita, seperti yang tertera di atas. Semangat!

Baca berita dan ikuti jurnalistika di Google News, klik di Sini.

Kontibutor: Ratu

amalan ramadhan

ramadhan 2023

wanita haid


Populer

Secanggih Apa Starlink Milik Elon Musk yang Akan Diuji Coba di IKN?
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami