Jurnalistika
Loading...

5 Manfaat Shalat Tahajud Bagi Kehidupan: Semua Do’a Akan Dikabulkan

  • Jurnalistika

    13 Sep 2023 | 19:25 WIB

    Bagikan:

image

Ilustrasi shalat tahajud. (Pixabay/Mohamed_Hassan)

jurnalistika.id – Sebagian umat Islam mungkin merasa berat melaksanakan shalat Tahajud karena waktunya yang di tengah malam atau pas momen untuk istirahat. Namun, di balik kesulitan tersebut ternyata ada manfaat besar bagi kehidupan yang menanti seseorang yang rajin mengerjakannya.

Shalat Tahajud merupakan salah satu shalat sunnah yang diperintahkan Allah kepada Nabi Muhammad SAW. Sebagaimana diterangkan dalam Qur’an Surah Al-Isra’ ayat 79 yang artinya sebagai berikut.

Dan pada sebagian malam hari, bertahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji” (QS Al-Isra’: 79).

Dilansir dari situs NU Online, hukum shalat Tahajud adalah sunnah yang bersifat muakkad atau sangat kuat karena selalu dilakukan oleh Rasulullah. Adapun waktu pelaksanaannya yaitu bisa dilakukan setelah bangun tidur malam hari, tentunya kalau sudah melaksanakan shalat wajib Isya.

5 Manfaat Shalat Tahajud Bagi Kehidupan

Dikutip dari berbagai sumber, berikut lima manfaat melaksanakan shalat Tahajud yang perlu diketahui umat Islam. Sehingga bisa lebih semangat melaksanakannya.

1. Penghapus dan Mencegah Berbuat Dosa

Manfaat pertama mengerjakan shalat Tahajud adalah sebagai amal ibadah untuk menghapus dosa-dosa yang telah diperbuat. Selain itu, bisa juga mencegah seseorang melakukan kembali perbuatan buruk.

Hal ini dikarenakan setiap malam orang yang melaksanakan shalat Tahajud akan mengingat Allah SWT yang maha melihat. Dengan demikian, seseorang akan selalu merasa terawasi yang pada akhirnya mencegah berbuat dosa kembali.

2. Meningkatkan Kualitas Hidup

Selanjutnya, shalat Tahajud dapat memberikan dampak positif pada kualitas hidup orang yang mengerjakan. Sebab mereka akan merasa lebih tenang dan dami. Sehingga akan merasa semangat dan produktif dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

3. Semua Do’a Akan Dikabulkan Allah SWT

Manfaat berikutnya bagi orang yang melaksanakan shalat Tahajud adalah semua do’a yang dia panjakan pasti akan dikabulkan oleh Allah SWT. Sebagaimana dijelaskan dalam sabda Rasulullah berikut yang dikutip dari NU Online Lampung.

Sesungguhnya di dalam malam terdapat waktu yang jika ada seorang muslim meminta kepada Allah dengan kebaikan baik urusan dunia maupun akhirat, pasti Allah akan memberikannya. Dan waktu tersebut adalah sepanjang malam,” (HR Muslim).

4. Meningkatkan Kesehatan Fisik dan Mental

Kemudian shalat Tahajud juga memiliki manfaat untuk kesehatan fisik dan mental bagi yang mengerjakan. Karena saat mengerjakan ibadah sunnah ini, stres dan kecemasan yang dialami sehari-hari akan berkurang.

Shalat tahajud juga akan membantu meningkatkan kualitas tidur. Karenanya, orang yang terbiasa mengerjakannya akan merasa lebih segar dan bugar saat bangun pagi.

5. Mendekatkan Diri Kepada Allah dan Mendapat Rahmat serta Keberkahan

Terakhir, dengan terbiasa melaksanakan shalat Tahajud maka akan mendekatkan diri kepada Allah. Selain itu, sebagai ibadah yang sangat mulai orang yang melaksanakan dengan ikhlas juga akan mendapat rahmat dan keberkahan dari Dzat yang maha memberi itu.

Baca berita Jurnalistika lainnya di Google News, klik di Sini.

manfaat shalat tahajud

shalat tahajud

tahajud


Populer

Bertabur Promo Sambut HUT DKI Jakarta 2024, Ada Tiket Gratis Ancol
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami