Jurnalistika
Loading...

5 Manfaat Luar Biasa Membaca Al-Quran Setiap Hari

  • Jurnalistika

    06 Sep 2023 | 11:45 WIB

    Bagikan:

image

Manfaat membaca Al-Quran setiap hari. (Pixabay/cahiwak)

jurnalistika.id – Membaca kitab suci Al-Quran setiap hari bisa menghadirkan manfaat yang luar biasa. Salah satunya, dapat menyembuhkan penyakit hati yang mencakup iri, dengki, senang membicarakan keburukan orang lain, dan merasa dendam.

Umat Islam memang diwajibkan bisa membaca Al-Quran dan memahami serta mengamalkannya sebagai pedoman hidup. Hal ini dijelaskan dalam beberapa surat Al-Quran, misalnya pada Surat Al-Ankabut ayat 45 yang artinya sebagai berikut.

Bacalah Kitab (Al-Qur’an) yang telah diwahyukan kepadamu (Muhammad) dan laksanakanlah salat. Sesungguhnya salat itu mencegah dari (perbuatan) keji dan mungkar. Dan (ketahuilah) mengingat Allah (salat) itu lebih besar (keutamaannya dari ibadah yang lain). Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al-Ankabut: 45)

Selain itu, Rasulullah SAW juga pernah bersabda bahwa membaca Al-Quran termasuk dalam ibadah yang utama. Sehingga bagi yang membacanya bisa mendapat kebaikan berlipat ganda.

Diriwayatkan oleh an-Nu’man ibn Basyir, Rasulullah SAW bersabda “Sebaik-baiknya ibadah umatku adalah membaca Al-Qur’an.” (HR. al-Baihaqi).

5 Manfaat Luar Biasa Membaca Al-Quran Setiap Hari

Dilansir dari situs Kementerian Agama Jawa Barat, berikut setidaknya lima manfaat luar biasa membaca Al-Quran setiap hari.

1. Dapat Memberikan Derajat dan Wibawa Lebih Baik

Bagi seorang muslim yang membaca Al-Quran dapat membuatnya terlihat semakin bercahaya dan penuh wibawa. Sebagaimana disebutkan dalam hadits berikut.

Orang orang yang hebat dalam membaca alquran akan selalu ditemani para malaikat pencatat yang paling dimuliakan dan taat pada Allah SWT. Dan orang orang yang terbata bata membaca Alquran lalu bersusah payah mempelajarinya maka dia akan mendapatkan dua kali pahala,” (HR. Bukhari)

2. Mendapat Syafaat di Hari Akhir

Selain mendatangkan kebaikan dan kemulian di dunia, rajin membaca Al Quran juga bisa memberikan kemulian besar di hari akhir. Hal itu sudah dijelaskan Rasulullah dalam hadits berikut.

Baca juga: 5 Amalan Ringan Berpahala Besar, Bisa Dilakukan Sehari-hari Meski Aktivitas Padat

Bacalah bait Alquran karena sesungguhnya pada hari kiamat nanti akan datang memberikan syafaat yang baik kepada pembacanya.” (HR. Muslim).

3. Menjadikan Perilaku Seseorang Lebih Mulia

Manfaat membaca Al-Quran selanjutnya adalah bisa menjadikan perilaku seseorang lebih mulia. Kondisi itu disebabkan karena saat melantunkan ayat bisa membuat hati tenang dan rasa bahagia.

Sebaik baiknya manusia adalah yang membaca dan mempelajari Alquran serta mengajarkannya pada orang lain.” (HR.Bukhari)

4. Menyembuhkan Penyakit Hati

Jika masih penuh dendam, iri, dengki, dan suka menceritakan keburukan orang lain. Coba untuk lebih rajin membaca Al-Quran, karena Rasulullah juga menyarankan hal tersebut.

“Sesungguhnya hati ini dapat berkarat sebagaimana besi yang menjadi berkarat karena tersentuh air.” Lalu bagaimana agar hati ini tidak berkarat? tanya para sahabat, maka Rasulullah SAW mengatakan ” Percayalah ..dengan membaca Alquran.” Jawabnya.

5. Memberikan Kenikmatan pada Kedua Orang Tua di Hari Kiamat

Seorang anak yang membiasakan diri membaca Al Quran semata-mata karena kecintaannya kepada Allah dan kedua orang tuanya. Allah SWT akan melindungi kedua orang tuanya dan memberikan kenikmatan kepada mereka sebagai tanda keberkahan

Sebagaimana Rasulullah pernah bersabda: “Barang siapa yang membaca Al-Qur’an dan mengamalkannya semata-mata karena Allah SWT maka Allah akan memberikan mahkota di kepala kedua orang tuanya dan kenikmatan pada hari kiamat dan akan terlihat lebih terang daripada sinar matahari sehingga kamu tidak akan menduganya bahwa ganjaran itu dikarenakan amalan-amalan si pembaca Al-Qur’an itu.” (HR. Abu Daud.)

Baca berita dan ikuti jurnalistika di Google News, klik di Sini.

Al-quran

manfaat baca Al-Quran

membaca Al-Quran


Populer

Bertabur Promo Sambut HUT DKI Jakarta 2024, Ada Tiket Gratis Ancol
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami