Jurnalistika
Loading...

Cristiano Ronaldo Cetak 4 Rekor Sekaligus Usai Bawa Portugal Menang Lawan Liechtenstein

  • Arief Rahman

    24 Mar 2023 | 12:15 WIB

    Bagikan:

image

Striker Portugal Cristiano Ronaldo saat merayakan gol ke gawang Liechtenstein (Instagram @portugal)

jurnalistika.id – Cristiano Ronaldo mencetak tiga rekor sekaligus setelah tampil dalam kemenangan Portugal melawan Liechtenstein pada laga perdana Grup J Kualifikasi Euro 2024, Jumat, (24/3/2023) dini hari WIB. Ia juga menyumbangkan dua gol dalam laga yang berlangsung di Stadion Jose Alvalade itu.

Pertandingan Portugal vs Liechtenstein berakhir dengan skor 4-0, gol pembuka dicetak Joao Cancelo pada menit kedelapan. Kemudian Bernardo Silva menggandakan keunggulan pada menit ke-47.

Tiga menit kemudian Portugal mendapatkan hadiah penalti, Cristiano Ronaldo sebagai eksekutor sukses menggoyang jala gawang lawan. Mantan pemain Manchester United itu kembali mencetak gol pada menit ke-63 lewat tendangan bebas keras yang tak bisa dihalau kiper Liechtenstein.

Kemenangan atas Liechtenstein membuat Portugal memimpin klasemen Grup J Kualifikasi Euro 2024 untuk sementara waktu. Mereka menorehkan poin serupa dengan Bosnia di urutan kedua, namun unggul dari segi produktivitas gol.

Cristiano Ronaldo Cetak 4 Rekor Sekaligus

Tidak hanya membuat Portugal menjadi pemimpin klasemen, catatan gemilang itu juga membuat Ronaldo mencetak rekor baru di usia 38 tahun. Berikut tiga rekor gemilang yang ditorehkan Ronaldo usai membawa skuad negaranya menang atas Liechtenstein:

1. Menjadi Pemain Dengan Penampilan Terbanyak di Timnas

Penampilan bersama Portugal saat melawan Liechtenstein merupakan laga ke-197 Ronaldo bersama timnas. Dia memecahkan rekor caps terbanyak dalam sejarah sepak bola yang sebelumnya dipegang pemain Kuwait, Bader Al Mutawa dengan 196 penampilan.

Ronaldo pertama kali dipanggil membela timnas Portugal yakni pada 2003 lalu. Sejak saat itu dia selalu menjadi langganan untuk memperkuat skuad berjuluk Selecao das Quinas itu.

2. Perbanyak Rekor Gol Internasional

Berkat dua gol ke gawang Liechtenstein membuat Ronaldo memperbanyak rekor jumlah gol di level internasional. Sejauh ini dia sudah membukukan 120 gol sepanjang kariernya bersama Portugal, catatan tersebut juga sekaligus memperlebar jarak dari legenda Iran Ali Daei pemilik 109 gol dan Lionel Messi yang baru membukukan 98 gol.

3. Cetak Gol Tendangan Bebas Secara Beruntun

Sebelum pertandingan Portugal melawan Liechtenstein, Cristiano Ronaldo terlebih dulu bermain bersama Al Nassr di Liga Arab Saudi, Minggu (19/3). Waktu itu, dia juga sukses mengeksekusi tendangan bebas yang berubah jadi gol. Artinya gol Ronaldo melalui free kick ke gawang Liechtenstein pada laga Kualifikasi Piala Eropa merupakan rekor mencetak gol dari tendangan bebas dua kali beruntun.

4. Tidak Absen Cetak Gol Sejak 2004

Terakhir, Ronaldo terhitung selalu mencetak gol setiap tahun untuk Portugal sejak 2004 silam. Rekor tersebut menjadikannya sebagai salah satu pemain yang tidak pernah absen mencetak gol selama 20 tahun berturut-turut. 

Baca berita dan ikuti jurnalistika di Google News, klik di Sini.

(arn/red)

cristiano ronaldo

Euro 2024

Portugal


Populer

Bertabur Promo Sambut HUT DKI Jakarta 2024, Ada Tiket Gratis Ancol
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami