Jurnalistika
Loading...

10 Dampak Buruk Jika Indonesia Gagal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20: PSSI Dibekukan Lagi?

  • Arief Rahman

    27 Mar 2023 | 13:45 WIB

    Bagikan:

image

Teradpat 10 dampak buruk jika Indonesia gagal jadi tuan rumah Piala Dunia U-20. (Dok. FIFA)

jurnalistika.id – Terdapat sederet dampak buruk jika Indonesia gagal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Salah satunya, Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) berpotensi kembali dibekukan FIFA.

Kekhawatiran Indonesia kemungkinan gagal menjadi tuan rumah muncul ketika FIFA membatalkan agenda Drawing Piala Dunia U-20 yang seharusnya berlangsung di Denpasar, Bali, pada 31 Maret 2023 mendatang. Ditambah adanya penolakan sejumlah pihak terhadap kehadiran Timnas Israel ke Tanah Air selaku salah satu peserta ajang internasional tersebut.

Salah satu penolakan kehadiran Timnas Israel disampaikan Gubernur Bali Wayan Koster melalui surat resmi kepada Menpora. Padahal diketahui, Bali sudah direncanakan menjadi salah satu daerah penyelenggara turnamen Piala Dunia U-20.

Baca juga: Timnas Israel Ramai Ditolak Tampil di Piala Dunia U-20, PSSI: Kenapa Baru Sekarang?

PSSI menduga, penolakan dari Gubernur Bali menjadi alasan FIFA membatalkan Drawing Piala Dunia U-20. Karena, bagi federasi sepakbola dunia itu, penolakan tersebut sama dengan membatalkan garansi penyelenggaran yang telah dikeluarkan Provinsi Bali.

PSSI Antisipasi Sanksi FIFA

Sementara menurut Komite Eksekutif (Exco) PSSI Arya Sinulingga, pihak federasi Tanah Air akan mengantisipasi kemungkinan terburuk dari keputusan FIFA. Mengingat sanksi dari FIFA bisa mengucilkan sepakbola Indonesia dari dunia.

Menurut Arya, Ketua Umum PSSI Erick Thohir akan berkoordinasi dengan sejumlah pihak. Termasuk Kementerian Luar Negeri sebagai penanggung jawab diplomasi dan politik luar negeri Indonesia serta dengan Kemenpora.

Baca juga: Alasan Gubernur Koster Tolak Timnas Israel Berlaga di Bali pada Piala Dunia U-20 23

“Ketua umum juga akan melaporkan kepada Bapak Presiden pada kesempatan pertama untuk mencari solusi. Agar semua ini baik secara diplomasi maupun luar negeri untuk bagaimana menyelamatkan sepak bola Indonesia yang kita cintai,” kata Arya, Minggu (26/3/2023).

10 Dampak Buruk Jika Indonesia Gagal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20

Lantas apa saja dampak buruk yang mungkin bisa diterima Indonesia jika gagal menyelenggarakan Piala Dunia U-20? Berikut daftarnya:

  1. PSSI kembali dibekukan FIFA seperti yang terjadi pada 2015 silam, yang saat itu tercium adanya intervensi pemerintah Indonesia yakni Kemenpora terhadap tata kelola sepak bola Indonesia.
  2. Indonesia mendapat kecaman negara-negara lain karena gagal melaksanakan amanat FIFA.
  3. Timnas Indonesia tidak bisa mengikuti agenda FIFA.
  4. FIFA tidak akan memberikan kesempatan kedua kalinya bagi Indonesia menjadi tuan rumah di ajang olahraga sepak bola.
  5. Indonesia dicoret sebagai kandidat Piala Dunia 2034.
  6. Federasi olahraga dunia akan mempertimbangkan untuk tidak memilih Indonesia sebagai tuan rumah pesta olahraga termasuk olimpiade
  7. Indonesia dikecam karena bertindak diskriminatif lantaran mencampuradukan olahraga dengan politik
  8. Pemain, pelatih, wasit, klub hingga masyarakat kehilangan mata pencaharian. Selain itu, ratusan ribu orang akan terdampak langsung jika sepak bola terhenti.
  9. Timnas Indonesia dari semua golongan usia tidak diperbolehkan ikut serta dalam ajang sepakbola internasional jika PSSI dibekukan.
  10. Tidak ada lagi kompetisi liga semua level di Indonesia

Baca berita dan ikuti jurnalistika di Google News, klik di Sini.

(arn/red)

fifa

piala dunia u-20

Pssi

Timnas Israel


Populer

Hitung-hitungan Waktu Pekerja Gaji UMR Jakarta Dapat Rumah Lewat Tapera
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami