Jurnalistika
Loading...

Inilah 4 Alasan Teknologi Cloud Gaming Bisa Ubah Game Jadi Lebih Seru

  • Jurnalistika

    17 Nov 2023 | 16:25 WIB

    Bagikan:

image

Ilustrasi. (Freepik/DCStudio)

jurnalistika.id – Saat ini dunia gaming mengalami evolusi besar-besaran berkat kemajuan teknologi, dan salah satu terobosan paling mencolok adalah teknologi cloud gaming. Apa itu cloud gaming dan bagaimana hal ini merubah cara game menjadi lebih seru?

Cloud gaming mengubah paradigma tradisional gaming dengan memindahkan pemrosesan dan penyimpanan data ke server jarak jauh. Sebagai pengguna, pemain tidak lagi perlu memiliki perangkat keras canggih untuk menjalankan game berat.

Semua proses terjadi di pusat data yang terhubung dengan internet. Sehingga memungkinkan pengguna untuk memainkan game dengan perangkat apa saja selama terhubung dengan internet.

4 Alasan Teknologi Cloud Gaming Ubah Game Jadi Lebih Seru

Berikut adalah beberapa alasan mengapa teknologi cloud gaming bisa mengubah game menjadi lebih seru untuk dimainkan.

1. Memiliki Akses Tanpa Batas

Salah satu keunggulan utama cloud gaming adalah akses tanpa batas terhadap berbagai game. Tidak perlu lagi khawatir tentang kapasitas penyimpanan atau spesifikasi perangkat keras yang tidak memadai. 

Baca juga: Jangan Tertipu! AI Bisa Dijadikan Alat Sebar Hoax di Pemilu 2024, Ini Contohnya

Dengan langganan layanan cloud gaming, semua orang dapat menikmati berbagai judul game populer tanpa harus membeli dan mengunduhnya secara fisik. Berbeda dengan jenis konvensional yang masih harus membutuhkan perangkat keras cukup ribet.

2. Bisa Main Game di Banyak Platform

Dengan teknologi cloud gaming, seseorang dapat bermain game favoritnya di berbagai platform.Baik itu di PC, konsol, atau bahkan perangkat mobil, pengalaman gaming tetap konsisten. 

Selain itu, game juga dapat dilanjutkan saat berada di mana sajam, tanpa kehilangan progress atau kualitas grafis. Syaratnya hanya perlu terhubung dengan jaringan internet.

3. Punya Kualitas Grafik Realistis

Game menjadi lebih seru dengan mengguna cloud gaming karena mempunyai kualitas grafis mengagumkan. Server pusat datanya yang kuat juga mampu menangani pemrosesan grafis tingkat tinggi.

Hal ini memberikan pengalaman visual yang mendekati atau bahkan melebihi kualitas perangkat keras gaming tradisional. Bahkan dengan kualitasnya juga karakter game bisa terlihat lebih nyata.

4. Ramah Lingkungan

Alasan terakhir adalah dampaknya yang lebih ramah lingkungan. Dengan memusatkan pemrosesan di pusat data yang efisien bisa mengurangi kebutuhan akan perangkat keras individual yang memerlukan sumber daya energi besar.

Inti dari keseluruhan adalah teknologi cloud gaming telah mengubah cara kita bermain game secara drastis. Akses tanpa batas, pengalaman multi-platform, kualitas grafis yang memukau. Sampai dampak lingkungan yang lebih ringan.

Baca berita Jurnalistika lainnya di Google News, klik di sini.

cloud gaming

game

teknologi


Populer

Berapa Anak Bisa Dapat Makan Siang Gratis Jika Dipangkas Rp7.500 dengan Anggaran Rp71 T?
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami