Jurnalistika
Loading...

4 Mahasiswa ITB Diduga Jadi Joki Tes CPNS

  • Firman Sy

    17 Nov 2023 | 19:55 WIB

    Bagikan:

image

(Merdeka/Iqbal S. Nugroho)

jurnalistika.id – Mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) berinisial RDS (20) ditangkap usai ketahuan menjadi joki untuk tes seleksi kompetensi dasar (SKD) calon pegawai negeri sipil (CPNS) instansi Kejaksaan. Tak sendiri, RDS, mengerjakan joki CPNS dibantu tiga mahasiswa ITB lain yang kini tengah diburu Polda Lampung.

Tim PAM SDO Intelijen Kejaksaan Tinggi (Kejati) Lampung menangkap RDS pada Senin (13/11/2023) pukul 15.00 WIB.

Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Umi Fadillah Astutik mengatakan, RDS bekerja secara tim untuk membantu peserta CPNS.

“Mereka adalah tim sebetulnya, Namun demikian, kemarin ketika (kasus) ini mencuat, tiga lainnya melarikan diri,” ujar Umi Fadillah Astutik dalam keterangannya, Kamis (16/11/2023).

Ketiga pelaku lainnya berperan sebagai pihak yang memuluskan kegiatan joki. Sementara peran joki sesungguhnya diemban oleh RDS.

“Yang Joki ini hanya RDS, sementara tiga lainnya berperan yang menyiapkan semua fasilitas seperti identitas diri yang telah dimodifikasi dan sebagainya,” tutur Umi.

RDS kini belum ditetapkan sebagai tersangka dan masih berstatus saksi terperiksa. Saat ini, Polda Lampung masih melakukan pengejaran terhadap tiga pelaku lain yang diduga merupakan bagian dari tim jokinya RDS.

“Saat ini petugas kami sedang melakukan pengejaran kepada ketiga orang yang terduga menjadi tim dari oknum RDS (RT) tersebut,” ucapnya.

Seperti RDS, para pelaku lainnya juga merupakan mahasiswa ITB. Menurut Umi, Polda Lampung telah mengantongi identitas semua pelaku.

Baca berita Jurnalistika lainnya di Google News, klik di sini.

CPNS

joki

joki CPNS

mahasiswa ITB


Populer

Berapa Anak Bisa Dapat Makan Siang Gratis Jika Dipangkas Rp7.500 dengan Anggaran Rp71 T?
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami