Jurnalistika
Loading...

5 Rekomendasi Tempat Wisata Curug di Karawang Paling Hits, Lengkap dengan Lokasi dan Biaya Masuk

  • Jurnalistika

    13 Sep 2023 | 16:45 WIB

    Bagikan:

image

Salah satu tempat wisata curug di Karawang, Curug Bandung. (Dok. wisatalombok.co.id)

jurnalistika.id – Karawang merupakan salah satu daerah yang menawarkan banyak rekomendasi tempat wisata curug untuk dikunjungi saat akhir pekan maupun waktu luang. Objek wisata di daerah ini juga memiliki lokasi yang sangat instagrammable, jadi bisa memanjakan mereka yang ingin mempercantik media sosial dengan gambar-gambar menakjubkan.

Wilayah Karawang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Barat, memiliki jarak yang dekat dengan Ibu Kota Jakarta. Oleh sebab itu, bisa menjadi pilihan pas buat kalian yang mencari tempat wisata di dekat perkotaan.

5 Rekomendasi Tempat Wisata Curug di Karawang

Berikut lima rekomendasi tempat wisata curug paling hits dan instagramable di Karawang, lengkap dengan lokasi dan harga tiket masuknya.

1. Curug Canyon Loji

Wisata curug Karawang
Tempat wisata curug di Karawang, Curug Canyon. (Dok. bandoeng.co.id)

Kamu wajib mencoba berkunjung ke Curug Canyon Loji, wisata ini sangat populer di Karawang. Pengunjung dapat menikmati pemandangan air terjun menakjubkan serta tebing-tebing yang mengelilinginya.

Buat para pencari foto estetik, Curug Canyon Loji bisa mewujudkannya. Sebab lokasinya yang sangat Instagramable dan punya banyak spot untuk berswafoto baik sendiri maupun bersama gebetan atau komunitas.

Lokasi: Kampung Tonjong Roke, Desa Medalsari, Kecamatan Pangkalan, Loji, Kabupaten Karawang, Jawa Barat (Tempat ini lebih dikenal sebagai Curug Ciomas di masyarakat sekitar).

Biaya masuk: Kisaran Rp10.000,- per orang, biaya parkir Rp5.000,- (motor) dan Rp10.000,- (mobil).

2. Curug Bandung

Meskipun namanya Curug Bandung, tempat wisata ini berada di Karawang yaitu di Desa Mekarbuana, Kecamatan Tegalwaru, Karawang. Lebih tepatnya berada di sekitar kaki gunung Sanggabuana, jadi sudah pasti menawarkan pesona alam yang luar biasa.

Curug Bandung merupakan wisata air terjun di Karawang yang sudah populer di kalangan wisatawan di luar daerah ini. Sebab, daya tariknya memang sangat mempesona, apalagi dikelilingi pohon-pohon rindang di sekitarnya yang membuat udara menjadi sangat sejuk.

Alamat: Desa Mekarbuana, Kecamatan Tegalwaru, Karawang.

Biaya masuk: Rp15.000,- per orang, biaya tambahan retribusi parkir Rp5000,- (motor), Rp10.000,- (mobil).

Jam buka: Setiap hari mulai pukul 08.00 WIB – 16.00 WIB.

3. Curug Pengantin

Nama Curug Pengantin diambil sesuai dengan air terjun yang ada di objek wisata ini, yaitu menampilkan dua aliran air terjun bak berpasangan pengantin. Pesona lainnya, pengunjung juga bakal menemukan lima tingkat tangga curug jika berkunjung ke tempat wisata ini.

Baca juga: 5 Tempat Wisata Kota Batu Populer, Daya Tarik dan Lokasinya

Namun, agar bisa menikmati keindahan alam yang ditawarkan Curug Pengantin wisatawan harus melewati tantangan terlebih dahulu. Berupa jalan terjal bahkan terbilang cukup berbahaya sehingga harus disediakan tali sebagai pegangan menuju lokasi. Setelah itu, rasa capek akan terbayarkan dengan bersandar maupun berendam di airnya yang masih jernih.

Lokasinya Curug Pengantin berada di kaki gunung Sangga Buana yang merupakan perbatasan antara Kabupaten Karawang dengan Kabupaten Bogor atau tepatnya terletak di Kampung Tonjong, Desa Cikutamahi I, Kecamatan Cariu, Kabupaten Bogor.

Biaya masuk: Sekitar Rp5.000,- per orang, belum termasuk biaya parkir.

Jam buka: Pukul 07.00 WIB – 16.30 WIB.

4. Curug Cipanundaan

Rekomendasi wisata curug di Karawang selanjutnya, Curug Cipanundaan yang memiliki daya tarik menakjubkan untuk dikunjungi. Sama seperti curug lainnya, agar bisa sampai ke lokasi harus menyiapkan bekal stamina terlebih dahulu baru bisa menikmati keindahan alamnya.

Jangan lupa pula membawa perlengkapan kamera untuk mengabadikan momen berada di sini. Karena jika sampai lupa, kamu akan kehilangan kesempatan memiliki foto dengan latar air terjun yang tinggi serta hutan yang sangat asri.

Lokasi: Kutamaneuh, Kec. Tegalwaru, Kab. Karawang.

Biaya masuk: Kisaran  Rp30.000,- per Orang.  Bagi yang membawa kendaraan dikenakan biaya parkir Rp 5000,- (motor) dan Rp10.000,- (mobil).

5. Curug Cigentis

Tempat wisata Curug Cigentis tidak kalah menarik dibandingkan dengan curug lainnya di Karawang. Curug ini merupakan salah satu destinasi wisata air terjun yang wajib dikunjungi jika jalan-jalan ke daerah ini. 

Apalagi karena lokasinya yang berdekatan dengan Curug Bandung dan suasana sejuknya yang diperkaya oleh kaki Gunung Sanggabuana. Jadi, wisatawan yang datang bisa menikmati dua pesona air terjun sekaligus jika ingin.

Lokasi: Mekarbuana, Tegalwaru, Mekarbuana, Tegalwaru, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Biaya masuk: Kisaran Rp.20.000,- per orang saat weekday. Sedangkan saat weekend berubah menjadi Rp.25.000,- per orang. Tambahan parkir motor Rp2.000,- dan mobil Rp5.000,-.

Jam buka: Mulai pukul 07.00 WIB – 17.00 WIB.

Baca berita Jurnalistika lainnya di Google News, klik di Sini.

curug

Karawang

Tempat Wisata


Populer

Bertabur Promo Sambut HUT DKI Jakarta 2024, Ada Tiket Gratis Ancol
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami