Senin, 24 Januari 2022

Tentang KamiRedaksiKontak Kami
Jurnalistika
Jurnalistika

Mata Panda Bikin Gak Pede? Lakukan 3 Cara Ini Untuk Mengatasinya

  • Ninda Utami

    06 Jan 2022, 08:08 WIB

    Bagikan:

<p>(c)  (Daniel Kampua/Bintang.com)</p>

(c) (Daniel Kampua/Bintang.com)

Jurnalistika.id – Lingkaran hitam di bawah mata atau biasa dikenal dengan sebutan mata panda, ternyata bisa dialami siapa saja, baik wanita maupun pria.

Kondisi tersebut terjadi karena banyak faktor seperti kelelahan, kurang tidur, dehidrasi, menatap layar komputer terlalu lama hingga proses penuaan seiring bertambahnya usia yang terkadang bikin kita menjadi kurang percaya diri.

Berikut 3 cara mudah yang bisa kamu coba untuk menghilangkan mata panda. Mau tau apa aja? Yuk, simak artikel ini sampai habis yaa!

1. Kompres Mata

menghilangkan-mata-panda-dengan-kompres
Ilustrasi kompres mata dengan kantung teh celup

Cara pertama untuk menghilangkan mata panda adalah dengan memberi kompres pada mata. Ada beberapa pilihan bahan beserta penjelasannya untuk kurangi mata panda kamu dengan kompres memakai:

  • Air Dingin : Cukup bungkus beberapa es batu dengan waslap/kain bersih dan oleskan ke mata. Kamu juga bisa membasahi waslap dengan air dingin dan mengoleskannya ke kulit di bawah mata selama 20 menit untuk efek yang sama. Ulangi proses ini jika kain menjadi hangat atau jika es mencair. Suhu dingin akan membantu mengecilkan pembuluh darah, sehingga sirkulasi darah berjalan dengan baik.
  • Sendok : Tak jauh berbeda dengan bahan pertama, kamu hanya perlu letakkan sendok selama 5-10 menit ke dalam freezer. Jika sendok sudah dingin, bagian cembungnya ditempelkan pada mata yang tertutup.
  • Kantung Teh Celup : Dilansir dalam situs Healthline, kafein dalam teh mengandung antioksidan yang kuat dan dapat meningkatkan aliran darah ke kulit. Caranya yaitu rendam kantung teh dalam air selama 3-5 menit, masukkan kantung teh ke dalam kulkas hingga 20 menit dan peras air dari kantung teh serta tempelkan ke daerah di bawah mata.

2. Manjakan Mata dengan Memberi Pijatan

menghilangkan-mata-panda-dengan-pijatan
Ilustrasi memijat pelipis mata

Kemudian, setelah kamu selesai memberi kompres, langkah kedua untuk menghilangkan mata panda, yaitu beri pijatan agar otot matamu lebih rileks. Cukup kamu regangkan otot mata dengan memijat area pelipis mata menggunakan jari tengah dan telunjuk selagi dengan membuka dan menutup matamu secara perlahan masing-masing sebanyak lima kali hingga lingkaran hitam mata menjadi pudar.

Agar pijatan bekerja secara optimal, sebaiknya hindari menyeret jari-jari di sepanjang kulit halus atau lingkaran mata.

3. Istirahat yang Cukup Bisa

menghilangkan-mata-panda-dengan-istirahat
Ilustrasi tidur dengan bantal ditinggikan

Nah, cara ketiga ini yang tidak boleh sampai kelewatan. Seperti durasi tidur yang sering sekali kita sepelekan karena banyaknya urusan yang harus kita selesaikan. Kurang tidur dapat membuat kamu terlihat lebih pucat dan munculnya mata panda pada area bawah mata kamu.

Sebaiknya, tidurlah selama 7-8 jam setiap malam untuk menghilangkan mata panda sekaligus mengurangi pembengkakan di bawah mata akibat penumpukan cairan. Kamu juga perlu meninggikan posisi kepala saat tidur dengan menumpuk dua bantal atau lebih.

Lakukan 3 cara mudah tesebut dengan rutin dan konsisten agar bekerja secara optimal, dengan begitu mata pandamu mulai memudar dan kamu pun bisa kembali percaya diri dengan wajah yang lebih berseri tanpa mata panda.

Hidup sehat

Mata panda


Rekomendasi

Populer

Mencermati Komitmen Pemerintah Menjawab Tantangan Fiskal 2022