Jurnalistika
Loading...

Ide Mentok Saat Mau Menulis Artikel? Lakukan 6 Tips Ini

  • Jurnalistika

    03 Agt 2023 | 11:35 WIB

    Bagikan:

image

Ilustrasi kehabisan ide saat ingin menulis artikel. (Pixabay/JESHOOTS-com)

jurnalistika.id – Pernahkah kamu mengalami momen ketika duduk di depan kertas kosong atau layar komputer, tetapi pikiran kosong dan tidak menemukan ide untuk menulis artikel? Itu adalah masalah yang umum dihadapi oleh banyak penulis, baik yang amatir maupun profesional.

Saat pikiran mentok, menemukan ide menulis bisa menjadi tantangan tersendiri. Namun, bukan berarti situasi seperti itu tidak bisa diatasi, karena ada beberapa tips mencari ide yang bisa diikuti agar inspirasi bisa muncul.

6 Tips Menemukan Ide Menulis Artikel

Berikut telah dirangkum enam tips ampuh untuk membantu kamu menemukan ide menulis artikel ketika pikiran sedang kosong atau mentok.

1. Amati dan Catat Setiap Hal Disekitar

Ide menulis bisa muncul dari berbagai sumber, dan seringkali hal-hal sederhana di sekitar kita bisa menjadi inspirasi. Cobalah untuk lebih memperhatikan detail sehari-hari, baik itu saat berjalan-jalan di taman, mengamati interaksi sosial, atau sekadar mencatat peristiwa kecil dalam jurnal.

Observasi yang teliti akan membantu kamu menangkap momen menarik yang bisa dijadikan bahan tulisan.

2. Rileks dan Luangkan Waktu untuk Sendiri

Saat otak terlalu tegang, ide cenderung sulit muncul. Jadi, berikan waktu untuk rileks dan menjernihkan pikiran. Lakukan kegiatan yang kamu nikmati, seperti berjalan-jalan, meditasi, atau membaca buku favorit.

Saat berada dalam keadaan yang tenang dan santai, pikiran akan lebih mudah terbuka untuk menerima inspirasi.

3. Baca dan Ikuti Berita Terkini

Berita terkini dan tren bisa menjadi sumber inspirasi yang luar biasa untuk artikel. Tetaplah mengikut informasi tentang perkembangan terbaru di bidang yang biasa kamu tulis, baik itu teknologi, kesehatan, mode, atau topik lainnya.

Baca artikel di situs-situs berita terpercaya atau jika perlu langganan newsletter agar selalu up-to-date dengan informasi terbaru.

4. Gunakan Media Sosial sebagai Sumber Ide

Media sosial merupakan tempat yang kaya akan inspirasi. Ikuti akun-akun yang relevan dengan dirimu dan perhatikan apa yang sedang ramai dibicarakan oleh audiens.

Baca komentar dan tanggapan pembaca terhadap artikel atau postingan yang serupa. Diskusi ini dapat memberikan pandangan baru dan membantu menemukan ide menarik untuk memulai membuat tulisan.

5. Buat Mind Mapping Pikiran

Mind mapping adalah teknik yang bermanfaat untuk mengorganisir dan menghubungkan ide-ide secara visual. Buatlah mind map dengan menuliskan topik di tengah dan cabang-cabang ide yang terkait di sekelilingnya. Proses ini akan membantu mengatasi blokade kreatif dan mengembangkan konsep yang lebih luas untuk menulis artikel.

6. Diskusi dengan Rekan Penulis

Berinteraksi dengan rekan penulis atau bergabung dalam komunitas penulis dapat menjadi sumber ide yang tak ternilai. Diskusikan topik yang mungkin bisa kamu tulis dengan orang lain. Pendapat dan pandangan mereka dapat membuka wawasan baru dan membantu menemukan sudut pandang yang menarik.

Baca berita Jurnalistika lainnya di Google News, klik di Sini.

artikel

ide menulis artikel

Menulis

tips menulis


Populer

Bertabur Promo Sambut HUT DKI Jakarta 2024, Ada Tiket Gratis Ancol
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami