Rabu, 17 Agustus 2022

Tentang KamiRedaksiKontak Kami
Jurnalistika

Beli Minyak Goreng Via PeduliLindungi Cuma Rp14 Ribu per Liter, Ini Caranya

  • Firmansyah

    27 Jun 2022, 10:59 WIB

    Bagikan:

image

Ilustrasi: Seorang warga membuka aplikasi PeduliLindungi pada gawai miliknya di Surabaya, Jawa Timur. Foto: Zabur Karuru/ANTARA FOTO

jurnalistika.id – Masa sosialisasi pembelian minyak goreng curah rakyat (MGCR) melalui PeduliLindungi berlangsung mulai hari ini, Senin (27/6/2022) hingga dua pekan ke depan.

Penggunaaan PeduliLindungi untuk membeli minyak goreng tersebut bertujuan agar distribusi minyak goreng dengan harga Rp 14.000 per liter bisa lebih merata.

Selain mengunakan PeduliLindungi, pemerintah juga memberlakukan pembelian dengan menunjukkan NIK. Hal ini untuk mengatasi pembelian secara berulang oleh masyarakat.

Lalu, bagaimana cara membeli minyak goreng seharga Rp 14.000 tersebut?

Cara beli minyak goreng lewat aplikasi PeduliLindungi

Mengutip website https://linktr.ee/minyakita, berikut beberapa langkah dan cara untuk mendapatkan minyak goreng Rp. 14000 per Liter via PeduliLindungi:

  1. Datangi toko pengecer yang menjual minyak goreng curah rakyat (MCGR). Untuk mengetahui lokasi pengecer yang menyediakan MGCR, Anda dapat mengunduh aplikasi ‘Warung Pangan’ di Google Playstore.
  2. Lalu, buka aplikasi PeduliLindungi untuk melakukan transaksi.
  3. Kemudian, Scan QR code yang ada di pengecer.
  4. Setelah itu, perlihatkan hasil scan QR code yang ada di aplikasi PeduliLindungi.
  5. Jika hasil scan berwarna hijau, masyarakat bisa membeli MCGR. Sebaliknya, bila hasil scan berwarna merah, maka masyarakat tidak bisa membeli minyak goreng curah lantaran sudah melewati batas maksimal.

Adapun ketentuan dalam membeli MGCR di tingkat konsumen, pemerintah membatasi pembelian maksimal 10 kg untuk satu NIK per harinya.

Sebelumnya, Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut B. Pandjaitan mengatakan, masyarakat dapat memperoleh MCGR melalui penjual/pengecer yang terdaftar resmi dalam program Simirah 2.0.

Selain itu, masyarakat juga bisa mendapatkannya melalui Pelaku Usaha Jasa Logistik dan Eceran (PUJLE) yakni Warung Pangan dan Gurih.

Luhut berharap penggunaan PeduliLindungi untuk membeli MGCR bisa meningkatkan pemantauan dan pengawasan untuk memitigasi adanya penyelewengan yang menyebabkan terjadinya kelangkaan juga kenaikan harga minyak goreng.

Baca berita jurnalistika.id lainnya di Google News, klik di sini

minyak goreng

Mudah Banget

PeduliLindungi