Jurnalistika
Loading...

Transformasi Logo Twitter Sejak 2006 hingga Jadi X

  • Arief Rahman

    26 Jul 2023 | 10:35 WIB

    Bagikan:

image

Transformasi logo Twitter. (Dok. Istimewa)

jurnalistika.id – Pemilik Twitter, Elon Musk membuat perubahan besar pada platform media sosial miliknya dengan merubah logo burung ikonik menjadi X pada Senin, (24/7/2023). Ternyata sebelum logo itu diubah, logo burung sudah beberapa kali mengalami transformasi sejak 2006.

Perubahan logo burung biru menjadi X dipercaya sebagai lambang perubahan transisi ke era baru Twitter. Meskipun tidak ada fitur baru yang hadir, tetapi gerakan simbolis tersebut akan menjadi langkah awal Elon Musk untuk menjadikan platform itu menjadi sesuatu yang lebih besar.

Bahkan disebutkan juga situs X nantinya akan menjadi “aplikasi segala hal” dengan rencana menyediakan lebih banyak fungsi. Misalnya seperti kemampuan untuk membeli barang, membayar sewa dan bahkan bisa menjadwalkan janji temu.

Sementara itu, Kepala Eksekutif Twitter inda Yaccarino, mengatakan bahwa perubahan merek merupakan peluang baru yang menarik. Sehingga dapat mengubah pengguna dalam melakukan komunikasi.

“Twitter membuat satu impresi besar dan mengubah cara kita berkomunikasi,” katanya.

“Sekarang, X akan melangkah lebih jauh, mengebuah global town square,” lanjutnya.

Transformasi Logo Twitter hingga Jadi X

Transformasi Logo Twitter. (Sumber: blog-logomyway-com)

Sejak didirikan pada tahun 2006, Twitter telah berkembang pesat sebagai media sosial, baik sebagai bisnis maupun merek. Sampai saat ini, logo Twitter sudah dapat ditemukan di beberapa sudut hampir setiap situs web dengan menjadikannya salah satu widget.

Baca juga: Elon Musk Ubah Logo Burung Twitter Jadi X, Apa Maknanya?

Pada 2006, logo Twitter pertama adalah keberangkatan yang menyenangkan dari versi peluncuran. Dilansir dari LogoMyWay, sang Desainer Linda Gavin hanya membuatnya dalam satu hari sebelum peluncuran resmi. Awalnya hanya berbentuk jenis huruf bulat yang unik, dengan huruf kapital kecil dan tidak ada spasi di antara keduanya.

Fokus logo pada kesederhanaan berpadu dengan pendekatan desain keseluruhan Twitter dan membantu membuat pengguna menyukainya. Memilih warna langit biru yang sekarang sudah identik dengan Twitter dan logo pertama bertahan hingga empat tahun sebelum pengenalan burung Twitter.

2010 – Ikon Burung Twitter Diperkenalkan

Setelah empat tahun, para pendiri memutuskan untuk menambahkan sesuatu yang akan mencerminkan identitasnya. Tepat pada 2010, burung ikonik lahir dan dikatakan melambangkan sifat tweet (cepat dan pendek seperti suara burung).

2012 – Bentuk Burung Ada Penyegaran

Setelah diperkenalkan pertama kali, ikon burung pertama bertahan dua tahun. Karena pada 2012, manajemen Twitter melihat perlunya menyegarkan citra merek dengan penekanan pada kesederhanaan yang lebih besar.

Twitter kemudian menjadi sangat populer di seluruh dunia hingga dikenal sampai sekarang ini. Tulisan pun dihilangkan dan hanya fokus pada logo burung dan menjadi lebih kecil yang didesain ulang agar terlihat lebih simetris dan rapi.

Itulah transformasi ikon Twitter sejak Twitter didirikan hingga menjadi X seperti sekarang ini. Meski sudah diubah tentu ada alasan kuat dalam yang menjadi landasan Elon Musk dan menarik ditunggu apa saja perubahan yang akan dihadirkan.

Baca berita Jurnalistika lainnya di Google News, klik di Sini.

(arn/red)

Elon Musk

Logo Twitter

transformasi logo Twitter


Populer

3 Hakim MK Dissenting Opinion untuk Putusan Sengketa Pilpres 2024, Apa Itu?
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami