Jurnalistika
Loading...

Spotify atau Joox, App Streaming Musik Mana yang Paling Update?

  • Wilman Hakim

    03 Mei 2023 | 18:55 WIB

    Bagikan:

image
Photo/Ilustrasi

jurnalistika.id – Media streaming musik mulai menjamur di era digital, termasuk di antaranya Spotify dan Joox. Khusus keduanya bahkan termasuk dalam media streaming musik terbesar di Indonesia.

Meski memiliki fungsi yang sama, namun pastinya terdapat perbedaan, baik fitur maupun gudang lagu dari masing-masing aplikasi. Fitur tersebutlah yang membuat pendengar mempunyai pilihan untuk mengunduh tersebut di market aplikasi.

Spotify memiliki fitur unggulan seperti personalisasi, yang memungkinkan Anda menyesuaikan musik yang ingin didengar. Selain itu, Spotify memiliki fitur Discover Weekly yang dapat memperkenalkan Anda pada lagu-lagu baru yang mungkin disukai berdasarkan apa yang sering anda dengarkan.

Bukan hanya itu, Spotify juga memiliki gudang lagu yang berlimpah sebanyak lebih dari 70 juta. Bahkan juga terdapat cover musik dari beberapa musisi yang dapat dijadikan alternatif untuk nuansa pengalaman mendengarkan lagu yang berbeda.

Aplikasi pesaingnya, JOOX juga tidak kalah keren dalam menampilkan fitur-fitur unggulannya. Aplikasi ini menawarkan fitur Quick dan Sing yang membuat para penggunanya dapat mencoba menyanyikan lagu yang didengar secara karaoke.

JOOX juga memiliki fitur unik seperti tema yang bisa dikustom, banyak pilihan tema yang tersedia dalam fitur ini. Ini meminimalisir kebosanan pengguna dalam menggunakan aplikasi, dan memberikan nilai estetika pengguna ketika mengambil screen shot.

Secara jumlah lagu, JOOX masih belum menyaingi Spotify. Belum diketahui pasti berapa total lagu di aplikasi JOOX. Namun ada lagu yang terdapat di Spotify yang belum tentu ada di JOOX, seperti lagu dari Maher Zain.

Artinya, Spotify memiliki gudang lagu yang lebih lengkap dan up to date dibandingkan dengan JOOX, namun memiliki kekurangan seperti UI aplikasi yang monoton dan tidak dapat di kustom.

Sedangkan JOOX memiliki banyak keunggulan dalam fitur yang memanjakan estetika pengguna. Namun secara gudang lagu masih kalah dengan aplikasi pesaingnya.

Baca berita dan ikuti jurnalistika di Google News, klik di Sini.

Wilman (internship)

Musik

Spotify

streaming musik


Populer

Tangsel Trending di X, Netizen Ramai Bahas Marshel Usai Diusung Gerindra Maju Pilkada
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami