Jurnalistika
Loading...

Manfaat TikTok Jadi Media Promosi Makin Digemari, Coba 5 Strategi Marketing Ini

  • Arief Rahman

    21 Feb 2024 | 12:45 WIB

    Bagikan:

image

TikTok jadi media promosi. (Pixabay/Pexels dan TikTok)

jurnalistika.id – Pada awal kemunculannya, manfaat TikTok lebih dikenal sebagai media entertain (hiburan). Setelah semakin berkembang kini pengguna juga bisa memanfaat platform ini sebagai media promosi.

Manfaat TikTok sebagai media promosi pun semakin digemari, karena dirasa sangat cocok untuk mengembangkan brand. Baik itu untuk bisnis maupun personal branding.

Namun, agar bisa memanfaatkan TikTok menjadi media promosi untuk bisnis, penting untuk mengetahui sejumlah strategi marketing yang bisa diterapkan. Tujuannya supaya bisa bersaing dengan pengguna lain yang mencapai jutaan.

5 Strategi Promosi di Media Sosial TikTok

Berikut beberapa strategi marketing agar promosi di TikTok makin maksimal.

1. Bikin Konten Kreatif Inspiratif dan Menghibur yang Mengikuti Tren

TikTok adalah tempat siapa pun bisa menunjukkan kreativitas. Untuk mencapai kesuksesan di platform ini, para marketer perlu memproduksi konten yang unik, menginspirasi, dan menghibur.

Baca juga: 4 Alasan Kamu Harus Pakai TikTok Sebagai Media Personal Branding

Menggunakan tren yang sedang berlangsung dan menghadirkan twist yang kreatif dapat membantu konten menonjol di antara jutaan video lainnya.

2. Kolaborasi dengan Kreator TikTok

Menggandeng kreator TikTok yang memiliki pengikut besar dapat menjadi strategi yang sangat efektif. Kolaborasi bisa berpotensi menjangkau audiens baru yang sudah terikat dengan kreator tersebut. 

Pastikan untuk memilih kolaborator yang cocok dengan merek bisnis dan memiliki nilai-nilai yang sejalan dengan pesan yang ingin disampaikan.

3. Memanfaatkan Fitur-Fitur Interaktif

TikTok menawarkan berbagai fitur interaktif seperti tanya jawab, dan tantangan yang dapat dimanfaatkan untuk melibatkan audiens secara langsung.

Menggunakan fitur-fitur ini dapat membantu meningkatkan interaksi dengan pengguna dan memperkuat hubungan antara merek bisnismu dan audiens.

4. Mengoptimalkan Penggunaan Hashtag

Hashtag sangat penting dalam menjangkau audiens di TikTok. Gunakan hashtag yang relevan dan populer sesuai niche bisnis untuk meningkatkan visibilitas konten. 

Selain itu, kamu juga dapat membuat hashtag khusus untuk kampanye atau promosi tertentu, yang memungkinkan audiens untuk terlibat lebih aktif.

5. Rutin Menganalisis untuk Mengoptimalkan Kerja

Tidak cukup hanya membuat konten, kamu juga perlu terus memantau kinerja kampanye di TikTok. Gunakan alat analisis bawaan platform untuk melacak metrik seperti tampilan, interaksi, dan pengikut baru.

Berdasarkan data ini, kamu dapat mengidentifikasi tren yang berhasil dan mengoptimalkan strategi untuk mencapai hasil yang lebih baik di masa depan.

Kunci penting untuk memanfaatkan TikTok sebagai media promosi adalah konsisten. Kemudian pandai melihat tren yang sesuai dengan bisnis.

Baca berita Jurnalistika lainnya di Google News, klik di sini.

Manfaat TikTok

strategi marketing

TikTok


Konten Sponsor

Populer

Libur Lebaran Berakhir, Berikut Sisa Cuti dan Tanggal Merah di 2024
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami