logo jurnalistika

5 Teknologi Yang Diprediksi Tren di Tahun 2021

  • Zamzami Lafaf

    23 Des 2020, 13:57 WIB

    Bagikan:

Jurnalistika.id – Penyebaran wabah Virus Covid-19 yang yang terjadi sepanjang 2020, memberikan dampak hampir ke seluruh aktifitas manusia. Dalam enam bulan terakhir ini manusia harus beradaptasi dengan perkembangan dan perilaku teknologi.

Saat ini, teknologi didominasi oleh Kecerdasan buatan atau artificial Intelligence (AI) dan data Analytic. Lalu, bagaimana perkembangan teknologi di tahun 2021 ? Akankah dua teknologi tersebut yang dominan atau akan muncul teknologi yang lebih baru ?

Berikut adalah prediksi tren transformasi digital di tahun 2021 yang dilansir dari Forbes :

1. Jaringan 5G

Beberapa tahun terakhir perkembangan teknologi 5G sudah sering didengar, dimana teknologi 5G mampu menyediakan konoktivitas dan bandwith internet yang sangat andal. Manusia semakin bergantung pada ponsel dan perangkat pintar lainnya, sehingga para provider telekomunikasi berlomba-lomba mennyajikan teknologi internet yang mampu menjunjang ketergantungan masyarakat.

Tidak hanya itu, kemajuan teknologi menjadi solusi penting dalam hal bisnis. Berdasarkan kondisi ini, maka nilai 5G akan semakin mainstream di tahun 2021.

Meski kemunculan wabah virus covid-19 mengganggu, upaya pembangunan jaringan 5G tetap dilanjutkan. Misalnya, China, taget pemenuhan penyebaran 5G untuk tahun 2020 telah mereka capai.

Sementara itu, produsen ponsel pintar lainnya seperti Apple, Samsung, dan Xiaomi dikabarkan akan segera merilis ponsel 5G dengan berbagai pilihan harga sehingga membuat 5G semakin terjangkau dan diminati tahun depan.

Baca juga : Perhatikan 5 Hal ini, Agar Anak Tidak Kecanduan Gadget

2. Hybrid Cloud

Strategi hybrid cloud membantu organisasi mencapai keseimbangan untuk memenuhi kebutuhaan infrastruktur cloud. Dalam satu tahun terakhir ini kita bisa melihat bagaimana perusahaan besar penyedia cloud seperti AWS, Azure, Google dan IBM berinvestasi besar dalam sistem hybrid.

Perusahaan OEM pun tidak mau ketinggalan, seperti Cisco yang meningkatkan investasi membangun alat konektivitas data local dengan cloud.

Banyak organisasi yang akan menajdikan Hybrid cloud sebagai strategi untuk mengatasi tantangan pertumbuhan data yang eksponensial.

Teknologi Keamanan Siber/ Cyber Security

3. Cyber Security

Dengan adanya pandemi penyebaran Virus Covid-19, Cyber Security menjadi semakin relevan dan dibutuhkan. Dimana selama pandemi, banyak laporan yang menyebutkan telah terjadi peningkatan serangan siber di seluruh dunia berdampak besar.

Sementara itu, karyawan yang bekerja dilokasi lebih sedikit, karena adanya kebijakan pemerintah yang mengharuskan untuk melakukan perkerjaan dari rumah. Sehingga peranan Cyber Security sangat penting bagi perusahaan untuk memperkuat jaringan dan meningkatkan strategi keamanan cyber.

4. Artificial Intelligence (AI)

Pandemi penyebaran covid-19 memicu Artificial Intelligence (AI) berkembang cepat, banyak perusahaan yang menggunakan tools (data, AI, dan machine learning) di tahun 2020 dan dipastikan akan terus berlanjut di tahun depan. Khususnya untuk menyelesaikan masalah dalam skala yang lebih besar.

Banyak diperbincangkan juga, AI sebagai tren masa depan, bukan tanpa alasan melihat daya komputasi yang semakin terjangkau dan software dan framework yang semakin berkembang mendorong Artificial Intelligence (AI) banyak dimanfaatkan oleh perusahaan.

5. Penarapan Industry 4.0 dan AI

Perkembangan teknologi Artificial Intelligence (AI) yang banyak digunakan oleh perusahaan. Memungkinkan Industri 4.0 dimotori oleh teknologi supercanggih ini.

Melihat terminologi sederhanya, AI mengganti fungsi manusia atau mesin dalam memproses informasi. Dengan menghasilkan machine language, semua data analitik bisa diproses, sehingga pengambilan keputusan bisa lebih cepat dan mengantisipasi kebutuhan atau permintaan pasar.

Altmaier mengatakan, peran artificial intelligence akan seperti listrik bagi dunia industri. “Jadi semua mesin, semua produksi akan mengaliri kecerdasan mesin,” katanya

Baca juga : Mulai 2021, Android dan iPhone Jenis Ini Tak Bisa Akses WhatsApp

Artificial Intelligence (AI)

Cyber Security

Hybrid Cloud

Industi 4.0

Jaringan 5G

Perkembangan Teknologi

Teknologi 2021


Rekomendasi

Topik Pilihan

#

Vannesa Angel

#

Tangsel

#

Benyamin Davnie

#

Jokowi Dodo

#

PT. PITS

Terbaru

dsds

Fakta Menarik Desa Wisata Huta Tinggi: Dekat Danau Toba Identik Dengan Kerbau

Peringati Hari AIDS Sedunia, Ini Yang dilakukan KPA Purwakarta

Menitipkan Masa Depan Melalui Pohon : Investasi Oksigen

Ini Rincian UMK Banten Tahun 2022 yang Ditetapkan Gubernur Wahidin Halim

Pemkot Tangsel Gelar Pengembangan Pelaku Usaha Sektor Pertanian Demi Peningkatan Produksi

Ini Alasan Erick Thohir Gabung Banser

Pemkot Tangsel Gelar Giat Pengembangan Usaha Mikro Bagi Pelaku Usaha

Julham Firdaus Kembali Pimpin Bamus Tangsel, Begini Harapan Walikota