logo jurnalistika

Cegah Hate Speech, Instagram Rilis Fitur Limits

  • Firman Sy

    12 Agt 2021, 14:16 WIB

    Bagikan:

Ilustrasi/instagram

Jurnalistika.id – Guna mencegah komentar kasar dan rasis, Instagram baru-baru ini merilis fitur Limits,  Fitur ini diharapkan mampu menekan ujaran kebencian atau hate speech.

Upaya ini dilakukan beberapa pekan setelah Instagram menghapus komentar rasis. Komentar tersebut ditujukan kepada anggota tim sepak bola Inggris, menyusul kekalahan mereka di final Euro 2020.

Head of Instagram Adam Mosseri mengatakan fitur ini telah tersedia untuk pengguna secara global sejak Rabu (11/8), setelah melewati uji coba pada Juli lalu,” dikutip Antara (12/08/21)

“Penelitian kami menunjukkan banyak komentar negatif terhadap figur publik berasal dari orang-orang yang tidak menjadi followers atau yang baru saja menjadi followers mereka, dan deretan komentar hanya muncul pada saat itu,” kata Mosseri melalui blog Instagram dikutip pada Kamis.

“Kami melihat ini setelah final Euro 2020 dengan lonjakan komentar secara signifikan–dan tidak dapat diterima–terkait pelecehan rasis terhadap para pemain,” lanjutnya.

Dengan adanya Fitur “Limits”, memungkinkan pengguna memblokir komentar dan Direct Message (DM) yang mengandung ujaran kebencian dari orang yang tidak menjadi pengikut atau baru saja menjadi pengikut.

Baca Juga: Instagram Stories Kini Punya Fitur Terjemahan

Instagram mengatakan akan memberi pesan peringatan yang lebih kuat saat pelaku memposting komentar yang berpotensi menyinggung.

Menurut Mosseri, peringatan tersebut efektif mencegah dan mengurangi frekuensi komentar kebencian sebanyak 50 persen.

Dalam seminggu terakhir, Instagram mengatakan telah memberi peringatan kepada pengguna yang mencoba berkomentar kasar sekitar satu juta kali per hari.

Baca Juga: Super Thanks, Fitur Baru Youtube Untuk Dapat Cuan

Instagram juga memperkenalkan fitur “Hidden Words” yang memungkinkan pengguna menyaring kata kunci tertentu, frasa, dan emoji yang tidak diinginkan ke dalam folder tersembunyi.

Fitur “Hidden Words” baru diluncurkan di beberapa negara pada awal tahun ini dan akan tersedia untuk semua pengguna secara global pada akhir Agustus.
 

fitur baru instagram

Hate speech

Instagram

Limits


Rekomendasi

Topik Pilihan

#

Vannesa Angel

#

Tangsel

#

Benyamin Davnie

#

Jokowi Dodo

#

PT. PITS

Terbaru

dsds

Fakta Menarik Desa Wisata Huta Tinggi: Dekat Danau Toba Identik Dengan Kerbau

Peringati Hari AIDS Sedunia, Ini Yang dilakukan KPA Purwakarta

Menitipkan Masa Depan Melalui Pohon : Investasi Oksigen

Ini Rincian UMK Banten Tahun 2022 yang Ditetapkan Gubernur Wahidin Halim

Pemkot Tangsel Gelar Pengembangan Pelaku Usaha Sektor Pertanian Demi Peningkatan Produksi

Ini Alasan Erick Thohir Gabung Banser

Pemkot Tangsel Gelar Giat Pengembangan Usaha Mikro Bagi Pelaku Usaha

Julham Firdaus Kembali Pimpin Bamus Tangsel, Begini Harapan Walikota