Jurnalistika
Loading...

6 Penyebab HP Android Lemot yang Sering Disepelekan

  • Arief Rahman

    21 Jul 2023 | 11:55 WIB

    Bagikan:

image

Ilustrasi HP Android lemot. (Freepik)

jurnalistika.id – Pengguna handphone (HP) Android mungkin pernah mencari tahu penyebab smartphone menjadi lemot hingga merasa jengkel ketika mengoperasikannya. Ternyata beberapa di antara faktor yang membuat ponsel cerdas lamban adalah hal yang sering disepelekan.

HP Android lemot mengacu pada keadaan perangkat tersebut berjalan dengan kinerja yang lambat atau tidak responsif. Biasanya pengguna sering mengungkapkan istilah itu ketika merasa gawai tidak berfungsi seefisien biasanya.

Misalnya ketika menjalankan salah satu aplikasi, prosesnya memakan waktu lama dari yang seharusnya. Kasus lain yang sering ditemukan juga adalah, ketika respons sentuhan lambat atau tertunda ketika sedang mengakses software antarmuka.

6 Penyebab HP Android yang Sering Disepelekan

Jika sering menemukan atau sedang merasakan kasus seperti di atas, maka kamu perlu mengetahui berbagai akar permasalahannya. Nah, berikut telah dirangkum enam penyebab HP Android lemot yang sering disepelekan.

1. File Cache Berlebihan

Cache adalah ruang penyimpanan data atau file temporary yang secara otomatis memakan penyimpanan. Karena fungsinya untuk mempercepat waktu respons di suatu aplikasi yang dibuka di masa mendatang.

Baca juag: 5 Fitur Tersembunyi WhatsApp Web yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Meski fungsinya terbilang membantu pengguna HP Android. Tetapi rupanya ika terlalu banyak data cache yang menumpuk dapat mempengaruhi kinerja perangkat seiring waktu.

2. Terlalu Banyak Aplikasi dan Widget di Layar Beranda

Sebagian orang mungkin suka mendekorasi tampilan layar beranda dengan menumpuk widget dan banyak aplikasi. Kebiasaan ini jika dilakukan tidak sewajarnya, ternyata bisa membebani Central Processing Unit (CPU) dan Random-Access Memory (RAM) sehingga menyebabkan penurunan kinerja.

3. Kebanyakan Aplikasi Berjalan di Latar Belakang

Bukan hal mengherankan lagi kalau saat menggunakan HP Android pasti tidak akan membuka satu atau dua aplikasi saja dan membiarkannya berjalan di latar belakang. Nah, kebiasaan yang sering disepelekan seperti itu, akan menyebabkan pemakaian CPU dan memori berlebih.

Akhirnya smartphone akan menjadi lemot lantaran aplikasi yang berjalan di belakang akan memberikan pemberitahuan dan memuat data secara otomatis. Jadi kamu perlu memperhatikan faktor ini.

4. RAM dan Memori Internal Tidak Memadai

RAM merupakan salah satu komponen penting dalam sistem kinerja smartphone. Sebagai penyimpanan memori jangka pendek untuk CPU, jika kapasitas tidak memadai dengan beban HP maka akan membuat kinerja lambat.

Selain itu, Memori Internal juga bisa harus bisa mendukung fungsi RAM untuk bisa beroperasi dengan lebih maksimal. Kalau tidak sesuai kapasitas juga bisa membuat hp tidak berjalan lancar.

5. Sistem Operasi Tidak Diperbaharui

Pembaharuan sistem operasi sering mengandung perbaikan bug, peningkatan kinerja, dan fitur baru. Kalau pengguna mengabaikan pembaruan perangkat Android mungkin tidak berfungsi dengan baik. Bahkan meski kamu punya HP dengan spesifikasi tinggi.

6. Virus atau Malware Bisa Jadi Sebab HP Lemot

Terakhir, ketika perangkat Android terinfeksi virus atau malware akan membuat kinerjanya bekerja tidak normal dan menyebabkan performa buruk. Akar masalah ini mungkin menjadi salah satu penyebab yang paling sering disepelekan pengguna.

Virus dan malware biasanya bisa menjangkit gawai melalui internet. Misalnya ketika mengakses situs-situs yang tidak aman di web browser atau mendownload file yang ekstensinya tidak terjamin.

Baca berita Jurnalistika lainnya di Google News, klik di Sini.

(arn/red)

HP Android

HP Android lemot

penyebab HP Android lemot


Populer

Tangsel Trending di X, Netizen Ramai Bahas Marshel Usai Diusung Gerindra Maju Pilkada
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami