Jurnalistika
Loading...

Skenario Timnas Indonesia Lolos 16 Besar Piala Asia 2023: Harus Menang Lawan Jepang?

  • Arief Rahman

    23 Jan 2024 | 06:05 WIB

    Bagikan:

image

Timnas Indonesia. (Dok. PSSI)

jurnalistika.id – Timnas Indonesia akan menjalani laga terakhir melawan Jepang pada Grup D Piala Asia 2023. Skenario terbaik skuad Garuda lolos ke babak 16 besar adalah menang atas pasukan Samurai Biru.

Namun, Timnas Indonesia juga memiliki peluang lolos tanpa harus memikirkan hasil melawan Jepang. Meski hal itu harus menggantungkan nasib pada hasil pertandingan dari grup lain di Piala Asia 2023.

Sebagai informasi, tim-tim yang berhak lolos ke babak perdelapan final tidak hanya diambil dari juara grup dan runner up. Tetapi empat peringkat terbaik ketiga juga bisa mendapatkan tiket untuk melanjutkan perjalanan kompetisi akbar sepakbola Asia ini.

Lalu bagaimana skenario pasukan Shin Tae Yong bisa lolos ke babak 16 besar? Berikut ulasannya.

Meraih Kemenangan atau Imbang Lawan Jepang

Skenario terbaik bagi Indonesia untuk lolos adalah memenangkan laga melawan Jepang tanpa peduli skornya berapa. Dengan begitu, Merah Putih akan menjadi runner up dan otomatis mengantongi satu tiket.

Meski tidak bisa menang, Indonesia tetap bisa lolos dengan menahan imbang Samurai Biru. Jika skenario ini berjalan, tim Tanah Air akan memiliki empat poin dan jumlah itu cukup mengamankan satu posisi di peringkat tiga terbaik.

Baca juga: Shin Tae Yong Kritik Wasit Usai Indonesia Ditekuk Irak 1-3 di Piala Asia 2023

Bahkan dengan hasil ini, Indonesia tidak perlu khawatir terhadap pertandingan Grup D lainnya, Vietnam melawan Irak. Sekalipun Vietnam bisa menang dengan selisih gol yang banyak.

Kalah dari Jepang, Berharap Hasil dari Hasil Grup Lain

Selanjutnya, Indonesia masih tetap bisa lolos ke babak 16 besar Piala Asia meskipun menelan kekalahan dari Jepang. Namun, skenario ini bakal menggantungkan harapan dengan hasil pertandingan lain.

Dengan kalahnya China dari Qatar pada laga ketiga Grup A yang berlangsung pada Senin (22/1) malam WIB. Maka Indonesia makin berpeluang lolos lewat jalur peringatan tiga terbaik.

Sebab, saat ini Indonesia masih berada dalam posisi kedua peringkat terbaik. Sehingga pasukan Shin Tae Yong ada peluang besar untuk lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023.

Namun tidak hanya itu, Indonesia juga harus melihat hasil Grup D laga antara Suriah vs India. Laga ini harus berakhir imbang atau India tidak menang lebih dari tiga gol atas Suriah.

Berikutnya, melihat laga Grup C antara Palestina vs Hongkong. Syaratnya sama yakni laga ini berakhir imbang atau Hongkong tidak menang lebih dari satu gol atas Palestina.

Itulah skenario peluang Indonesia lolos ke babak 16 besar. Skenario terbaik adalah menang lawan Jepang atau paling tidak menahan imbang jika tidak ingin bergantung pada hasil laga grup lain.

Jadwal Laga Terakhir Fase Grup Piala Asia 2024

Timnas Indonesia akan menghadapi Jepang pada Rabu (24/1/2024), berikut jadwal lengkap laga terakhir fase grup Piala Asia 2023.

Senin, 22 Januari 2024

Grup A

22.00 WIB: Qatar vs China (1-0)

22.00 WIB: Tajikistan vs Lebanon (2-1)

Selasa, 23 Januari 2024

Grup B

18.30 WIB: Australia vs Uzbekistan

18.30 WIB: Suriah vs India

Grup C

22.00 WIB: Iran vs Uni Emirates Arab

22.00 WIB: Hong Kong vs Palestina

Rabu, 24 Januari 2024

Grup D

18.30 WIB: Jepang vs Indonesia

18.30 WIB: Irak vs Vietnam

Kamis, 25 Januari 2024

Grup E

18.30 WIB: Korea Selatan vs Malaysia

18.30 WIB: Yordania vs Bahrain

Grup F

22.00 WIB: Arab Saudi vs Thailand

22.00 WIB: Kirgizstan vs Oman.

Baca berita Jurnalistika lainnya di Google News, klik di sini.

Jepang

Piala Asia 2023

Timnas Indonesia


Populer

Tangsel Trending di X, Netizen Ramai Bahas Marshel Usai Diusung Gerindra Maju Pilkada
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami