Jurnalistika
Loading...

Skenario Indonesia Lolos R3 Kualifikasi Piala Dunia Usai Kalah dari Irak

  • Arief Rahman

    07 Jun 2024 | 09:15 WIB

    Bagikan:

image

Pemain Timnas Indonesia Thom Haye saat melawan Irak pada Kualifikasi Piala Dunia 2026 di SUGBK, Kamis (6/6/2024). (Dok. PSSI)

jurnalistika.id – Timnas Indonesia menelan kekalahan dari Irak pada laga lanjutan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Kamis (6/6/2024). Skuad Garuda takluk dengan skor 0-2.

Saat babak pertama dalam laga ini, Indonesia bermain cukup baik dan mampu merepotkan Irak. Namun, memasuki babak kedua Singa Mesopotamia melakukan beberapa pergantian yang membuat keadaan berbalik.

Salah satu pemain pengganti Irak yang merubah keadaan di babak kedua adalah Ali Jasim. Ia mampu membuat lini tengah Irak menjadi lebih efektif.

Baca juga: Perbedaan Skuad Timnas Indonesia Sekarang dengan Terakhir Jumpa Irak

Dua gol bagi tim tamu juga tercipta karena perannya. Pertama Jasim menusuk masuk ke kotak penalti dan melesatkan tembakan lalu bola mengenai tangan Justin Hubner.

Alhasil penalti diberikan kepada Irak pada menit ke-54, Aymen Hussein melakukan tugasnya dengan baik. Sementara gol kedua, Jasim memanfaatkan blunder Fernando Ari pada menit ke-88.

Akibat kekalahan ini Indonesia tetap berada di urutan kedua dengan tujuh poin, sementara Irak semakin kokoh menjadi pemimpin Grup F. Namun, meski kalah masih ada peluang bagi Garuda untuk lolos ke ronde ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Skenario Indonesia Lolos R3 Kualifikasi Piala Dunia 2026

Kedudukan sementara di Grup F, Irak memimpin dengan perolehan 15 poin dari lima laga tak terkalahkan. Indonesia di posisi kedua memiliki 7 poin, dan Vietnam mendekat di peringkat ketiga setelah menambah poin jadi 6 usai mengalahkan Filipina.

Pertandingan Grup F tersisa satu, Indonesia melawan Filipina dan Vietnam menghadapi Irak. Skenario pertama agar Indonesia lolos yakni dengan mengalahkan Filipina dengan skor berapa pun.

Jika berjalan baik, otomatis Indonesia mengakhiri laga Grup F dengan poin 10, Vietnam tidak akan bisa mengejar meski mampu mengalahkan Irak. Sebab The Golden Star tertinggal satu poin.

Baca juga: Jadwal Timnas Indonesia di Juni 2024, Terdekat Lawan Tanzania

Skenario kedua, Indonesia bermain imbang melawan Filipina, namun Vietnam juga harus imbang atau kalah dari Irak. Dengan begitu posisi tidak akan berubah.

Skenario terakhir, Indonesia menelan kekalahan dari Filipina dan Vietnam juga takluk dari Irak. Namun, skenario menjadi jalan terburuk dan sepatutnya dihindari.

Baca berita Jurnalistika lainnya di Google News, klik di sini.

irak

Kualifikasi Piala Dunia 2026

skenario

Timnas Indonesia


Populer

Kominfo ‘Diperas’ Pelaku Penyerang Server PDN, Minta Bayaran 8 Juta Dollar AS
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami