Jurnalistika
Loading...

Portugal vs Prancis di Euro 2024: Akankah Jadi Balas Dendam Manis?

  • Arief Rahman

    05 Jul 2024 | 09:25 WIB

    Bagikan:

image

Pemain Prancis di Euro 2024. (Instagram @equipedefrance
)

jurnalistika.id – Portugal vs Prancis akan duel di babak perempat final Euro 2024 di Stadion Volksparkstadion, Sabtu (6/7/2024) dini hari WIB. Pertandingan ini akan mengingatkan penonton pada duel Portugal vs Prancis di Euro 2016.

Saat itu duel kedua negara berlangsung sampai babak extra time,  Portugal masih diasuh oleh Fernando Santos dan Prancis tetap diasuh oleh Didier Deschamp. Laga ini berlangsung sangat sengit lantaran kedua negara sama-sama bermain terbuka dengan intensitas tinggi.

Prancis sejatinya tampil mendominasi dengan sederet peluang-peluang berbahaya. Sebanyak 7 tendangan Kylian Mbappe dan kawan-kawan mengarah ke gawang Portugal dari total 18 percobaan.

Baca juga: 8 Besar Euro 2024: Penuh Duel Sengit hingga Final Kepagian

Sementara Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan hanya bisa melakukan sepuluh tembakan ke arah gawang Hugo Lloris, itu pun hanya tiga yang tepat sasaran.

Namun, dari tiga tembakan tersebut, satu menjebol gawang Lloris. Tepatnya ketika Eder Antonio Macedo Lopes pada menit 109 melesatkan tembakan dari jarak jauh, Lloris tak mampu menghalau, akhir skor menjadi 1-0.

Portugal mampu mempertahankan skor hingga pertandingan berakhir. Tim berjuluk Selecao das Quinas ini pun menjuarai Euro 2016.

Sengitnya pertandingan ini juga terlihat dari banyaknya kartu kuning yang dikeluarkan wasit kepada dua negara. Untuk portugal ada enam kartu kuning, sedangkan Prancis ada empat kartu kuning.

Akankah 8 Besar Euro 2024 Akan Jadi Balas Dendam Manis Bagi Prancis?

Kekalahan di partai final dari Portugal tentu masih diingat oleh Prancis. Pada Euro 2024 mereka kembali bertemu, akankah jadi balas dendam manis atau kembali menjadi kekalahan kesekian kalinya dari Portugal.

Terlebih, skuad Prancis masih diisi beberapa pemain yang saat itu dikalahkan Portugal. Mulai dari Jules Kounde, Benjamin Pavard, N’Golo Kanté, Adrien Rabiot hingga Kylian Mbappe.

Saat edisi Euro 2020, Portugal memang bertemu dengan Prancis, tetapi pertemuan tersebut terjadi pada fase grup. Selain itu, Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan juga masih bisa lolos meski mengakhiri fase grup di peringkat tiga.

Baca juga: Turki Melaju ke 8 Besar Euro 2024 Usai Kalahkan Austria 2-1

Prancis juga tidak bisa mengalahkan Portugal saat bertemu di fase grup karena hanya laga berakhir 2-2. Karenanya, duel di Euro 2024 ini akan menjadi kesempatan bagi Les Blues untuk membalaskan dendamnya kepada Selecao.

Berdasarkan catatan kedua negara, pasukan Didier Deschamps sampai tahap ini belum pernah dikalahkan. Sementara Portugal sudah kalah sekali di fase grup atas Georgia dengan skor 2-0.

Selain itu, pada pertandingan babak 16 besar Prancis menang atas Belgia pada waktu normal dengan skor 1-0. Sedangkan Portugal harus melewati babak adu penalti agar bisa mengalahkan Slovakia.

Kylian Mbappe sangat memungkinkan dapat membalaskan dendamnya terhadap Portugal. Terlebih mereka juga punya pemain dengan kualitas tinggi yang bermain di klub-klub liga top Eropa.

Baca berita Jurnalistika lainnya di Google News, klik di sini

Euro 2024

Portugal

Prancis


Populer

Sejarah Kesultanan Banten Ubah Jalan Perdagangan Nusantara
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami