Jurnalistika

PON XX Papua, Jabar Tidak Goyah di Puncak Klasemen

  • Firmansyah

    14 Okt 2021, 15:13 WIB

    Bagikan:

image

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (tengah) bersama istri sedang berfoto bersama dengan para atlet dan pengurus Sepak Takraw Jawa Barat di GOR Trikora Universitas Cenderawasih, Jayapura, Minggu (3/10). [ANTARA/HO/Humas PB PON]

Jurnalistika.id Perhelatan pekan olahraga nasional (PON) ke 20 di Papua akan berakhir pada Jumat 15 Oktober 2021, Satu hari menjelang penutupan itu, Jawa Barat (jabar) tidak tergoyahkan menduduki puncak klasemen.

Sebelumnya, saat meraih 125 medali emas, Jawa Barat seperti kata Gubernur Ridwan Kamil dalam postingannya di Instagram, hanya membutuhkan tambahan 3 medali emas lagi untuk bisa menjadi juara umum PON XX Papua.

“Jabar butuh 3 emas lagi untuk menjadikan #JabarJuara umum di PON 20 di Papua.

Ayo Jabar kamu bisa !” tulis Ridwan Kamil di Instagramnya.

Dengan tambahan tiga medali emas yang diraih itu, maka artinya Jawa Barat telah resmi menjadi juara umum PON XX Papua.

Jawa Barat mendapatkan sedikitnya empat medali emas PON XX Papua pada Kamis (14/10).

Empat medali emas itu diraih dari cabang olahraga Biliar Snooker – Six Reds Single Putra oleh Dhendy Kristanto, Atletik Tolak Peluru Putri oleh Eki Febri Ekawati, Karate Kumite – Beregu Putra, dan Angkat Besi Kelas + 84 Kg Putri oleh Fitria Martiningsih.

Baca Juga: Taekwondo Indonesia Kota Tangsel Apresiasi Atlet Raih Medali PON

Dengan menjadi juara umum PON XX Papua, Jabar sekaligus mempertahankan status juara bertahan. Mengingat, sebelumnya mereka juga menjadi pemuncak pada tahun 2016, yakni saat bertindak sebagai tuan rumah.

Kala itu, Jabar sukses menjadi juara umum setelah mengoleksi 217 emas, 157 perak dan 157 perunggu. Mereka ditempel oleh Jawa Timur, dengan raihan 132 emas, 138 perak, serta 134 perunggu.

Sementara itu, Kecuali Jawa Barat, urutan klasemen akan terus berubah seiring bertambahnya jumlah medali yang sudah diraih dari pertandingan cabang olahraga (cabor) PON XX Papua 2021.

Baca Juga: Anti-Doping RI Tak Memadai, Merah Putih Tidak Boleh Berkibar di Kejuaraan Internasional

Hingga kini, seluruh kontingen dari total 34 provinsi peserta PON telah berhasil meraih medali PON XX Papua 2021.

Sebanyak 32 kontingen peserta PON Papua telah merebut medali emas.


Jabarjuara

Jawa Barat

PON XX papua

Ridwan Kamil


Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami