Jurnalistika
Loading...

Mampukah Haaland Hentikan Messi Raih Ballon d’Or 2023?

  • Arief Rahman

    07 Sep 2023 | 09:45 WIB

    Bagikan:

image

Messi dan Haaland masuk nominasi Ballon d’Or 2023. (Dok. Istimewa)

jurnalistika.id – Setelah nominasi 30 besar Ballon d’Or 2023 dirilis, perdebatan tentang siapa yang akan meraih penghargaan bergengsi itu pun mulai mencuat. Dua nama yang disebut paling berpeluang mendapatkannya adalah Lionel Messi dan Erling Haaland.

Erling Haaland merupakan pemain yang bersinar di musim pertamanya bersama Manchester City. Sementara Lionel Messi membantu Argentina meraih gelar Piala Dunia 2022. Lantas mampukah Haaland menghentikan Messi meraih Ballon d’Or 2023?

Sebelum lanjut, perlu untuk mengetahui terlebih dulu mengenai sistem pemilihan maupun voting Ballon d’Or. Proses pemilihan penghargaan individu tertinggi di dunia sepak bola ini dimulai dari daftar 30 nama yang disusun oleh tim editorial di France Football.

Kemudian dewan juri yang terdiri dari para jurnalis dari berbagai negara disatukan. Mereka kemudian akan diberi tugas memilih pemain yang dianggap layak untuk menduduki posisi pertama, kedua dan ketiga.

Setelah dewan juru ditentukan, mereka bakal memilih lima pemain teratas versi mereka dari 30 nominasi. Selanjutnya mereka menyusun berdasarkan peringkat prestasi sesuai penilaian mereka.

Baca juga: Nominasi Ballon d’Or 2023: Masih Ada Benzema dan Messi, Ronaldo Tak Ada

Namun, dalam memilih dewan juri harus mematuhi aturan tertentu termasuk melihat penampilan individu dan penghargaan sepanjang tahun. Lalu pemain yang berada di peringkat teratas dalam setiap pilihan jurnalis mendapat enam poin. Sementara yang kedua empat poin, dan tiga untuk peringkat berikutnya.

Poin tersebut nanti akan dijumlahkan dan pemain yang mendapat paling banyak akan memenangkan Ballon d’Or. Jika ada poin yang sama akan dilanjutkan ke peraturan berikutnya sampai mendapat keputusan akhir.

Mampukah Haaland Hentikan Messi Raih Ballon d’Or 2023?

Berbagai sumber mencatat, Erling Haaland dan Lionel Messi sama-sama memiliki alasan untuk bisa membawa pulang trofi Ballon d’Or 2023. Karena keduanya mempunyai catatan dan performa menakjubkan sepanjang tahun musim 2022-2023 lalu.

Seperti dilansir dari Sporting News, Messi bisa memimpin nominasi penghargaan ini karena telah meraih gelar Piala Dunia ketiga bagi negaranya. Selain menjuarai, dia juga aktif berkontribusi dalam kemenangan La Albiceleste itu.

Musim Messi di PSG juga berjalan bagus, ia mencetak 38 gol dan membuat 25 assist di semua kompetisi. Kontribusi golnya tersebut memuat PSG kembali memenangkan gelar Ligue 1.

Sementara dikutip dari Hindustan Times, Erling Haaland juga mampu mencetak rekor cemerlang dalam debutnya untuk Manchester City. Pemain Norwegia itu mencetak 52 gol dalam 53 pertandingan

Catatan itu juga mengantarkan Manchester City meraih treble bersejarah musim lalu. Menjuarai Liga Champions dan Haaland jadi top skor dengan 12 gol, merengkuh trofi Liga Inggris sekaligus pencetak gol terbanyak 36 gol. Terakhir menang Piala FA meski tak terlalu banyak kontribusi.

Berdasarkan catatan kedua pemain itu, sebagian pecinta bola memprediksi kalau Haaland akan menghentikan Messi meraih Ballon d’Or. Alasannya, karena dianggap gelar Treble lebih berharga daripada Piala Dunia, dan rekor individunya juga lebih banyak.

Namun, Hindustan Times memprediksi meski dipastikan Haaland akan memberikan perlawanan berat. Lionel Messi diperkirakan yang akan tampil sebagai pemenang dalam perebutan trofi Ballon d’Or 2023.

Baca berita dan ikuti jurnalistika di Google News, klik di Sini.

Ballon d'Or 2023

Erling Haaland

Lionel messi


Populer

Hasil, Jadwal, dan Klasemen Lengkap Fase Grup Euro 2024
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami