Jurnalistika
Loading...

Jepang Juara Piala Asia U-23 2024: Perjalanan Sejak Babak Grup hingga Angkat Trofi

  • Arief Rahman

    04 Mei 2024 | 08:05 WIB

    Bagikan:

image

Timnas Jepang U23 merayakan juara Piala Asia U-23 2024. (Dok. AFC)

jurnalistika.id – Jepang U23 keluar sebagai juara Piala Asia U-23 2024 usai membekuk Uzbekistan U23 di partai final. Samurai Biru menang dengan gol tunggal Fuki Yamada.

Pertarungan Jepang vs Uzbekistan memperebutkan gelar juara Piala Asia U-23 2024 digelar di Stadion Jasim bin Ahmad, pada Jumat (4/5/2024). Laga berlangsung ketat dengan saling menyerang satu sama lain, tetapi Uzbekistan tampil lebih menekan.

Babak pertama tidak ada gol tercipta, namun kedua tim membuat beberapa peluang berbahaya. Lanjut usai turun minum, kedua kesebelasan juga tak ada yang mencetak gol pada waktu normal.

Baca juga: Jalan Terakhir Indonesia ke Olimpiade Paris Usai Dibekuk Irak di Piala Asia U-23 2024

Gol baru tercipta pada menit pertambahan waktu (90+1’) lewat sepakan keras Fuki Yamada. Uzbekistan sempat memiliki kesempatan menyamakan kedudukan pada menitr ke-90+7’ saat wasit memberikan hadiah penalti setelah melihat VAR.

Sayang peluang emas itu tak dimanfaatkan dengan maksimal oleh Umarali Rakhmonaliev yang berperan sebagai algojo. Tendangannya terbaca oleh kiper Jepang, Kokubo. Skor laga tak berubah hingga berakhir.

Pencapaian ini menjadi kedua kalinya bagi Jepang meraih juara Piala Asia U-23. Tim Samurai Biru juga merupakan pemenang dalam edisi pertama turnamen itu yang digelar pada edisi 2013.

Perjalanan Jepang Merebut Trofi Piala Asia U-23 2024

Jepang memulai perjalanan pada Piala Asia U-23 melalui Grup B yang tergabung bersama Korea Selatan, Tiongkok, Uni Emirat Arab. Mereka  sekali kalah melawan Korea Selatan dari tiga laga grup yang membuat mereka menjadi runner up.

Berhasil merebut tiket babak delapan besar, Jepang berhadapan dengan tuan rumah Qatar. Pertandingan ini juga berlangsung sengit dengan enam gol tercipta atau skor 4-2, kemenangan bagi Negeri Matahari Terbit.

Lalu di semifinal Jepang berhadapan dengan juara grup C, Irak. Dengan kekompakan luar biasa, mereka kembali menang dengan skor 2-0.

Perjalanan Matsuki dan kawan-kawan pun sampai ke final berhadapan dengan Uzbekistan. Walau sempat buntu dan terus menerima tekanan, pada akhirnya Jepang keluar sebagai juara.

Selain itu, rekor Uzbekistan yang tak pernah terkalahkan sejak babak grup dan menjadi tim paling produktif terputus. Jepang juga mencatat sejarah dengan menjadi negara pertama yang meraih dua kali juara Piala Asia kelompok umur U-23.

Baca berita Jurnalistika lainnya di Google News, klik di sini

Jepang

Piala Asia U-23 2024

Uzbekistan


Konten Sponsor

Populer

3 Hakim MK Dissenting Opinion untuk Putusan Sengketa Pilpres 2024, Apa Itu?
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami