Jurnalistika
Loading...

Hadapi Irak di Laga Perdana Piala Asia 2023, Indonesia Siap Beri Kejutan

  • Arief Rahman

    15 Jan 2024 | 08:25 WIB

    Bagikan:

image

Timnas Indonesia latihan. (Dok. PSSI)

jurnalistika.id –  Timnas Indonesia akan menghadapi Irak pada laga perdana Grup D Piala Asia 2023 Qatar. Pertandingan kedua tim akan digelar di Stadion Ahmed bin Ali, Al-Rayyan, Senin (15/1/2024) pukul 21.30 WIB.

Meski di atas kertas Irak lebih diunggulkan menang, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong optimis anak asuhnya mampu memberikan kejutan. Diketahui dalam rangking FIFA, skuad Garuda berada di peringkat 146 sedangkan Singa Mesopotamia (julukan Irak) menduduki posisi ke-63.

“Timnas Indonesia sudah siap menghadapi Irak besok. Saya setuju bahwa ada selisih ranking yang sangat besar antara Irak dan Indonesia. Tentu saja, kemampuan kami juga berbeda (dengan Irak), semua orang tahu itu dan saya harus mengakuinya,” kata Shin Tae-yong.

Baca juga: Piala Asia Dimulai 12 Januari 2024, Ini Jadwal Lengkap Timnas Indonesia

Shin Tae Yong lalu menjanjikan Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan akan memberikan performa terbaik. Kendati demikian, dia tidak ingin membicarakan hasil akhir dalam laga nanti.

“Kami akan menunjukan performa yang lebih baik. Saya tidak bisa berbicara hasil akhir nanti, tapi kalian bisa berharap lebih dibandingkan pertemuan pertama (lawan Irak di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia),” ujar Tae Yong.

“Tim kita masih sangat muda. Kami adalah tim (dengan rata-rata usia) termuda di grup kami dan relatif lebih lemah. Namun, tetap saya bisa katakan bahwa tim kami punya potensial dan kami sedang mencoba membangun, bukan hanya performa, tetapi juga kepercayaan diri,” tambahnya.

Sebelumnya, Indonesia sudah menghadapi Irak pada putaran kedua Piala Dunia 2026 Zona Asia yang digelar di Basra pada 16 November 2023 lalu. Waktu itu, anak asuh Shin Tae Yong kalah telak dengan skor 5-1.

Kapten Tim Janjikan Hal Serupa

Masih dalam kesempatan yang sama, kapten Timnas Indonesia Asnawi Mangkualam Bahar ikut menjanjikan bahwa ia dan rekannya akan memberikan penampilan terbaik. Terlebih katanya, para pemain dalam kondisi baik.

“Pemain dalam kondisi baik. Dua bulan lalu bertemu Irak di kualifikasi Piala Dunia, tentunya kami datang dengan kekuatan berbeda dan persiapan lebih baik,” tutur Asnawi.

“Kami akan memberikan yang terbaik di pertandingan besok. Semua pemain dalam kondisi baik dan siap memberi yang terbaik. Kami ingin membuktikan Indonesia bukan tim lemah di grup ini,” lanjutnya.

Pada pertandingan Grup D Piala Asia 2023 lainnya, Jepang berhasil menaklukkan Vietnam dengan skor 4-2. Dengan demikian, Samurai Biru kini memimpin puncak klasemen dengan tiga poin.

Baca berita Jurnalistika lainnya di Google News, klik di sini.

irak

Piala Asia 2023

Timnas Indonesia


Populer

Bertabur Promo Sambut HUT DKI Jakarta 2024, Ada Tiket Gratis Ancol
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami