Jurnalistika
Loading...

5 Fakta Menarik Jelang Duel AC Milan vs Newcastle di Liga Champions

  • Arief Rahman

    19 Sep 2023 | 10:15 WIB

    Bagikan:

image

AC Milan vs Newcastle akan bertemu di Liga Champions. (Dok.Istimewa)

jurnalistika.id – Newcastle akan menantang AC Milan pada laga perdana Grup F Liga Champions musim 2023-2023. Pertandingan antara AC Milan vs Newcastle ini akan disiarkan langsung dari Stadion San Siro, Selasa (19/9/2023) mulai pukul 23.45 WIB.

Memasuki laga ini, AC Milan selaku tuan rumah baru saja menelan kekalahan di Liga Italia pada derby della madonnina melawan Inter Milan. Rossoneri takluk 5-1 sekaligus memecahkan rekor tak terkalahkan mereka pada tiga laga sebelumnya.

Sementara Newcastle bakal datang ke Italia setelah meraih kemenangan atas Brentford pada laga lanjutan Liga Inggris. Eddie Howe dan anak asuhnya menang dengan mencetak satu gol tanpa balas.

Namun, pada tiga laga ke belakang Newcastle selalu menelan kekalahan. Dua di antaranya mereka terima saat menjadi tim tamu, yaitu ketika melawan Manchester City dan Brighton. Sisanya kalah di hadapan penggemar sendiri dari Liverpool.

Baca juga: Jadwal Lengkap Matchday 1 Liga Champions Pekan Ini: Ada 16 Pertandingan

Selain catatan tersebut, terdapat pula beberapa fakta menarik menjelang duel AC Milan vs Newcastle di Liga Champions nanti. Terlebih bagi The Magpies yang mencuri perhatian penggemar sepak bola musim ini.

5 Fakta Menarik Jelang Duel AC Milan vs Newcastle

Berikut beberapa fakta menarik menjelang pertemuan antara AC Milan vs Newcastle di laga perdana fase grup Liga Champions musim 2023-2024.

1. Newcastle Kembali Setelah 11 Tahun Absen

Kompetisi Liga Champions musim ini bakal menjadi spesial bagi Newcastle. Sebab setelah absen selama kurang lebih 11 tahun mereka kembali menginjakkan kaki di kompetisi antarklub Eropa paling bergengsi ini.

Pasalnya, tim berjuluk The Magpies itu terakhir kali ada di penyisihan grup Liga Champions adalah pada musim 2002-2003. Mereka mendapatkan tempat setelah memenangkan pertandingan babak kualifikasi ketiga melawan Zeljeznicar.

Menariknya, musim ini mereka mendapatkan satu tiket ke Liga Champions tidak harus melalui kualifikasi dulu. Karena musim lalu, tim besutan Eddie Howe ini bisa finis di peringkat keempat klasemen Liga Inggris.

2. Pertandingan Grup Neraka

Duel AC Milan vs Newcastle ini bisa dikatakan merupakan pertandingan grup neraka Liga Champions. Sebab, kedua tim yang tergabung di Grup F juga akan menghadapi Paris Saint-Germain (PSG) dan Borussia Dortmund yang merupakan jagoan di liga domestiknya masing-masing.

AC Milan harus memanfaatkan momen laga kandang ini untuk mendapatkan tiga poin pertama agar bisa membangkitkan motivasi skuad di pertandingan berikutnya. Begitu juga dengan Newcastle, jika tidak ingin perjalan terhenti di babak penyisihan grup harus tampil maksimal.

3. Duel Pertama AC Milan vs Newcastle di Liga Champions

Laga matchday 1 Liga Champions ini bakal menjadi pertemuan perdana AC Milan vs Newcastle. Oleh sebab itu, diperkirakan duel kedua tim akan berlangsung sengit karena akan sama-sama berambisi mencatatkan rekor baik dan juga berusaha lolos ke fase selanjutnya.

4. Reuni Sandro Tonali dengan Mantan Klub

Sosok Sandro Tonali menjadi pemain yang menjadi sorotan jelang laga ini. Baru hengkang pada bursa transfer musim panas 2023 dari AC Milan dia sudah kembali lagi ke San Siro tetapi kini sebagai lawan.

Pertandingan ini pastinya bakal menjadi laga yang emosional bagi Tonali sekaligus menjadi ajang pembuktian kualitasnya. Apalagi musim lalu, ia juga merupakan bagian penting di lini tengah AC Milan bahkan sampai mengantarkannya ke semifinal Liga Champions.

5. AC Milan Punya 7 Trofi Liga Champions

AC Milan merupakan pemilik trofi Liga Champions terbanyak setelah Real Madrid, yakni tujuh gelar. Didapat pada musim 1963, 1969, 1989, 1990, 1994, dan 2003.

Pada masa keemasannya, AC Milan memang menjadi salah satu tim paling sukses di Liga Champions. Selain mendapat tujuh gelar juara, mereka juga menjadi runner-up sebanyak empat kali yaitu pada 1958, 1993, 1995, dan 2005 lalu.

Dengan status sebagai klub paling sukses kedua di Liga Champions, tentu bakal memotivasi para pemain generasi sekarang. Berdasarkan catatan itu pula, tampaknya Newcastle akan menghadapi lawan yang tangguh.

Baca berita Jurnalistika lainnya di Google News, klik di Sini.

Ac Milan

Liga Champions

Newcastle


Populer

Hasil, Jadwal, dan Klasemen Lengkap Fase Grup Euro 2024
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami