Jurnalistika
Loading...

5 Fakta Menarik Arsenal Juara Community Shield 2023 Usai Tekuk Man City Lewat Adu Penalti

  • Arief Rahman

    07 Agt 2023 | 09:45 WIB

    Bagikan:

image

Arsenal juara Community Shield 2023 usai kalahkan Manchester City. (Instagram @arsenal)

jurnalistika.id – Arsenal menjuarai Community Shield 2023 setelah mengalahkan Manchester City (Man City) lewat babak adu penalti dengan skor 4-1. Dalam waktu normal, tim berjuluk The Gunners dan The Citizens itu bermain imbang 1-1 di Stadion Wembley, Minggu (6/8/2023) malam WIB.

Babak pertama, kedua tim bermain sama kuat hingga para pemain turun minum. Gol baru tercipta pada paruh kedua, Man City lebih dulu membobol gawang Arsenal lewat Cole Palmer menit ke-77.

Secara dramatis, Arsenal menyamakan kedudukan berkat sontekan Leandro Trossard pada injury time menit ke-90+11. Alhasil laga berlanjut ke babak adu penalti.

Empat penendang penalti Arsenal yakni Martin Odegaard, Trossard, Bukayo Saka dan Fabio Vieira sukses melakukan tugasnya. Sedangkan di pihak Man City, hanya Kevin De Bruyne yang bisa sukses membobol gawang Ramsdale, Bernardo Silva dan Rodri gagal.

5 Fakta Penting Usai Arsenal Juara Community Shield

Kemenangan Arsenal ini tidak hanya menjadi pemicu semangat para anak asuh Arteta untuk menghadapi musim depan. Tetapi juga memunculkan sederet fakta menarik sebagaimana dirangkum berikut.

1. Trofi Ketiga Mikel Arteta sebagai Pelatih Arsenal

Sejak menduduki kursi kepelatihan Arsenal pada Desember 2019 lalu menggantikan Unei Amery. Arteta sudah menyumbangkan tiga trofi untuk The Gunners, Community Shield 2023 menjadi perolehan ketiga baginya.

Baca juga: 5 Fakta Menarik Usai Pekan Keenam BRI Liga 1 Bergulir

Sebelumnya, pada musim 2020 silam Arteta juga menyumbangkan piala Community Shield usai mengalahkan Liverpool lewat adu penalti. Waktu itu skor lima eksekutor The Gunners berhasil mencetak gol, sedangkan satu penendang Liverpool gagal.

2. Arsenal Salip Perolehan Liverpool

Berkat menjuarai yang diraih pada 2023 ini, The Gunners kini sudah mengoleksi 17 trofi Community Shield. Perolehan tersebut sekaligus melampau pencapaian sang rival di Premier League yakni Liverpool yang punya 16 trofi Community Shield.

3. Trofi Ke-48 The Gunners

Satu tambahan dari piala Community Shield 2023 membuat Arsenal secara keseluruhan telah mengumpulkan 48 trofi utama. Mulai dari Inter Cities Fairs Cup, Community Shield, Carabao Cup, FA Cup dan Premier League.

4. Gagalkan Sextuple City

Manchester City dipastikan gagal meraih sextuple atau merebut enam trofi dalam satu kalender usai kalah dari Arsenal. Sebelumnya, Pep Guardiola dan skuadnya sudah menjuarai Liga Inggris, Piala FA, Liga Champions dan berpeluang menjadi kampiun Piala Super Eropa serta Piala Dunia Antarklub.

5. The Gunners Menang di Community Shield Sejak 2014

Terakhir, Arsenal selalu keluar sebagai juara ketika memainkan Community Shield dalam lima edisi terakhir yang diikuti. The Gunners juga menang pada periode 2014, 2014, 2017, 2020 hingga sekarang 2023.

top skor sementara BRI Liga 1, unggul dua gol dari Alex Marten pemain Dewa United.

Baca berita Jurnalistika lainnya di Google News, klik di Sini.

(arn/red)

arsenal

Community Shield 2023

Manchester City


Populer

Bertabur Promo Sambut HUT DKI Jakarta 2024, Ada Tiket Gratis Ancol
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami