Jurnalistika
Loading...

3 Skenario Timnas Indonesia U-20 Lolos 8 Besar Piala Asia U-20 2023: Irak Jadi Penentu?

  • Arief Rahman

    07 Mar 2023 | 11:35 WIB

    Bagikan:

image

Skuad Timnas Indonesia U-20 di Piala Asia U-20 2023 (Dok. PSSI)

jurnalistika.id – Timnas Indonesia U-20 akan menghadapi Uzbekistan pada laga terakhir Grup A Piala Asia U-20 2023 untuk merebut hak lolos ke fase berikutnya. Pertandingan keduanya bakal berlangsung di Stadion Istiqlol, Selasa, (7/3/202) malam.

Skuad Garuda Muda tampil gemilang pada laga matchday kedua ketiga menghadapi Suriah. Pasukan Shin Tae Yong berhasil merengkuh tiga poin setelah mencetak satu gol tanpa balas.

Berkat kemenangan tersebut Timnas Indonesia U-20 masih punya harapan lolos ke babak perempat final Piala Asia U-20 2023. Sebab tiga poin yang didapat kala melawan Suriah menempatkan tim Tanah Air berada di peringkat ketiga Grup A.

Baca juga: Jelang Duel Uzbekistan vs Indonesia, Shin Tae Yong Pastikan Garuda Muda dalam Kondisi Baik

Sementara itu, tuan rumah Uzbekistan merupakan pemuncak klasemen karena bisa menyapu bersih dua pertandingan sebelumnya. Adapun posisi kedua dihuni Irak dengan koleksi tiga angka.

Timnas Indonesia U-20 berada di bawah Irak karena tertinggal jumlah selisih gol. Sedangkan Suriah menjadi penghuni dasar klasemen tanpa mengumpulkan satu poin akibat menelan dua kekalahan beruntun sejauh penyisihan grup.

3 Skenario Timnas Indonesia U-20 Lolos Ke 8 Besar

Berdasarkan statistik empat tim di Grup A. Laga melawan Uzbekistan yang berlangsung pada malam hari nanti, akan menjadi laga penting bagi Shin Tae Yong dan skuadnya untuk memastikan lolos ke babak selanjutnya.

Terdapat tiga skenario yang bisa dijalani Garuda Nusantara untuk lolos ke babak 8 besar Piala Asia U-20 2023, seperti dirangkum berikut.

1. Rebut Kemenangan

Hokky Caraka dan kawan-kawan harus bisa mengalahkan Uzbekistan pada laga pamungkas Grup A Piala Asia U-20 2023. Sebab, kemenangan akan menambah poin tim Merah Putih menjadi enam dan dipastikan bakal lolos ke babak berikutnya.

Langkah ini menjadi skenario paling mudah yang dapat memastikan Indonesia mendapatkan satu tempat di babak perempat final. Bahkan mereka berpotensi keluar sebagai juara grup, asalkan Irak bermain imbang atau kalah atas Suriah.

2. Timnas Indonesia U-20 Imbang, Irak Kalah

Shin Tae Yong masih berpotensi membawa skuadnya ke fase berikutnya meskipun bermain imbang ketika melawan Uzbekistan. Namun, skenario ini terbilang sulit karena harus berharap pada pertandingan lain.

Suriah harus mengalahkan Irak dengan skor berapapun. Jika bisa berjalan dengan lancar maka Garuda Muda bakal melanjutkan perjalanannya di Piala Asia U-20 2023. Namun, jika mendapat hasil sebaliknya, maka peluang mengangkat trofi akan terhenti.

3. Irak Harus Kalah

Saat ini Irak berada di atas Timnas Indonesia U-20 karena unggul selisih gol. Karenanya, Indonesia harus berharap pesaingnya tersebut menelan kekalahan pada laga pamungkas nanti.

Pasalnya, kalau Irak bisa menang dan Indonesia juga merebut tiga poin akan diberlakukan klasemen kecil. Artinya head to head antara Irak, Timnas U-20 dan Uzbekistan akan dihitung. Jika diberlakukan maka Garuda Muda pasti akan tersingkir karena secara head to head berada di belakang Irak.

Berdasarkan dari seluruh skenario yang ada dalam laga penentu nanti. Maka hasil pertandingan Irak melawan Suriah menjadi penentu bagi Indonesia untuk lolos ke babak perempat final Piala Asia U-20 2023.

Baca berita lainnya di Google News, klik di Sini.

(arn/red)

Piala Asia U-20 2023

Timnas Indonesia U-20

Uzbekistan


Populer

Bertabur Promo Sambut HUT DKI Jakarta 2024, Ada Tiket Gratis Ancol
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami