Kamis, 30 Juni 2022

Tentang KamiRedaksiKontak Kami
Jurnalistika

Ingin Kuliah Gratis di UIN Jakarta? Ini 10 Beasiswa yang Tersedia

  • Anissa Purwa

    16 Jun 2022, 14:59 WIB

    Bagikan:

image

Gedung Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan
Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. (dok: Anissa/jurnalistika)

jurnalistika.id – Banyaknya tawaran beasiswa dari Universitas kepada mahasiswa maupun calon mahasiswa membuat keterbatasan ekonomi sebagai alasan untuk kuliah. Kampus yang menawarkan banyak beasiswa di Tahun akademik 2022/2023 ini salah satunya Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Sebagai salah satu perguruan tinggi Islam, salah satu komitmen UIN Jakarta adalah membantu perkembangan studi mahasiswanya. Karena itu, keterbatasan ekonomi pun tak lagi menjadi masalah untuk kuliah.

Aksi nyata dari komitmen ini adalah ketersediaan berbagai jenis program Beasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta untuk membantu pendanaan mahasiswanya selama kuliah.

10 Jenis Beasiswa di UIN Jakarta

Jika kamu tertarik kuliah gratis di UIN Jakarta, berikut 10 Beasiswa yang tersedia :

1. Beasiswa Badan Layanan Umum (BLU) UIN Jakarta

Beasiswa BLU ini adalah beasiswa dari dalam UIN, dimana pendanaannya berasal dari hasil subsidi uang pendaftaran dan uang semester mahasiswa, serta hasil kerja sama dengan lembaga lain misalnya Kementrian Agama.

Eits tapi Beasiswa BLU ini hanya diberikan kepada mahasiswa Fakultas Adab dan Humaniora, Fakultas Ushuluddin, Fakultas Syari’ah dan Hukum, dan Fakultas Dirasat Islamiyah.

Persyaratannya : berasal dari sekolah berkurikulum keagamaan (MA, Pesantren), lulus seleksi Ujian Mandiri, dan berasal dari beberapa program studi tertentu di beberapa fakultas. Minimal IPK 3,00

2. Beasiswa Social Trust Fund (STF)

Sama seperti BLU, Beasiswa STF ini berasal dari dalam UIN, di mana beasiswa ini terbagi ke beberapa jenis, yaitu :

  • Beasiswa STF Prestasi

Jika Kamu memiliki prestasi yang baik, beasiswa ini bisa kamu klaim sebagai motivasi untuk kuliah.

  • Beasiswa STF Bantuan Hidup

Jika kamu siswa berprestasi di sekolah asal dan berasal dari keluarga kurang mampu, bisa mengklaim beasiswa ini untuk melanjutkan kuliah di UIN Jakarta.

  • Beasiswa STF Daerah Terpencil

Calon mahasiswa UIN Jakarta yang berasal dari wilayah terpencil dan memiliki prestasi di sekolah asal bisa banget menggunakan beasiswa ini untuk berkuliah.

  • Beasiswa STF Daerah Konflik

Ditujukan kepada para calon mahasiswa UIN Jakarta yang berasal dari daerah konflik dan memiliki prestasi di sekolah asal.

  • Beasiswa STF Calon Guru dan Da’i

Jika kamu berniat berniat untuk mengabdi kepada masyarakat sebagai guru dan da’i bisa menggunkan beasiswa ini.

  • Beasiswa STF Santri

Ditujukan kepada para santri berprestasi dari daerah untuk melanjutkan kuliah di UIN Jakarta.

  • Beasiswa STF Penggerak Pembangunan Desa

Bagi para mahasiswa yang punya niat dan minat untuk mengabdi di daerah asalnya setelah lulus kuliah dapat mencoba program beasiswa jenis ini.

Untuk kamu mahasiswa aktif UIN semester 2-7 yang memiliki keterbatasan ekonomi dengan IPK min. 3,30, aktif berorganisasi, dan memiliki prestasi akademik dan non-akademik, bisa banget nih daftar Beasiswa STF UIN.

3. Beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP Kuliah)

Beasiswa Bidikmisi atau yang sekarang disebut sebagai Beasiswa KIP Kuliah (KIP-K) merupakan program beasiswa untuk para mahasiswa berprestasi yang tidak mampu yang berasal Dikti.

Untuk mendaftarkan diri ke Beasiswa KIP Kuliah ini kamu harus punya salah satu kartu program bantuan nasional ini ya; Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu Jakarta Pintar (KJP), atau Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) Program Keluarga Harapan (PKH).

Selain itu, Beasiswa KIP Kuliah juga tersedia bagi mahasiswa angkatan 2022 yang orang tuanya meninggal dunia atau terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) karena terdampak Pandemi Covid-19.

Bagi kamu mahasiswa berprestasi yang mendapatkan golongan Uang Kuliah Tunggal (UKT) level 1-2, juga bisa mendaftar Beasiswa KIP-K ini loh.

Kuota untuk penerima beasiswa KIP Kuliah ini adalah 500 mahasiswa, dan tersebar di seluruh fakultas dengan jumlah kuota yang bervariasi di masing masing program studi.

4. Beasiswa Kartu Jakarta Mahasiswa Unggul (KJMU)

Beasiswa KJMU bisa mahasiswa gunakan bagi Kamu yang memiliki Kartu Jakarta Pintar (KJP) dan terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial Kementerian Sosial.

FYI, nominal untuk beasiswa KJMU ini gak tanggung-tanggung loh. Ayo segera daftar!

5. Beasiswa Yayasan Beasiswa Jakarta (YBJ)

Beasiswa YBJ tersedia untuk mahasiswa yang memiliki KTP DKI Jakarta. Kamu cukup menunjukkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) serta kuliah di perguruan tinggi di wilayah DKI Jakarta, termasuk UIN Jakarta.

Yuk, yang berdomisili di Jakarta langsung aja nih daftar!

6. Beasiswa Badan Amil Zakat Nasional (Baznas)

Beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa aktif yang sedang ada di semester V dan memiliki IPK minimal 3,00.

Selengkapnya bisa kamu cek di situs resmi Baznas ya.

7. Beasiswa Djarum Beasiswa Plus Djarum Fondation

Beasiswa ini tersedia untuk mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di semester IV dengan syarat nilai IPK min. 3,20 di semester III dan dapat mempertahankannya di semester IV, serta aktif berorganisasi, baik di dalam maupun di luar kampus.

8. Beasiswa Profesor Azyumard Azra Scholarship

Jika Kamu mahasiswa Program Studi Magister Sejarah atau mahasiswa program studi lain (dengan Konsentrasi Sejarah) dan sedang melakukan penelitian untuk penulisan tesis, Beasiswa ini bisa kamu gunakan nih.

9. Beasiswa DIPA

Beasiswa ini bagi mahasiswa kurang mampu dan berprestasi, Beasiswa DIPA berlaku untuk mahasiswa yang sudah berada di semester 4 ya dengan minimal IPK sebesar 3,00.

10. Beasiswa Tahfidz Al-Quran

Beasiswa Tahfidz ini diperuntukan kepada mahasiswa semester 2 – 8 dengan persyaratan mampu menghafal Al Qur’an dengan minimal 10 Juz.

Selain kesepuluh beasiswa di atas, terdapat pula berbagai beasiswa lainnya yang biasanya merupakan hasil kerja sama suatu lembaga dengan UIN Jakarta dalam penyaluran Beasiswa, di antaranya yaitu :

  1. Supersemar
  2. Bank Indonesia
  3. Dompet Dhuafa
  4. Bank Mandiri
  5. Bimantara
  6. ISE PT. Bank
  7. Orbit

Itulah 10 Beasiswa buat kamu yang berencana ingin melanjutkan pendidikan di UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta. Semoga bermanfaat.

Baca berita jurnalistika.id lainnya di Google Newsklik di sini.

(anp)

Beasiswa

Mahasiswa UIN Jakarta

UIN Jakarta

UIN Syarif Hidayatullah