Jurnalistika

Viral Balik Demo Bawa Sembako, Ketua PMII Komnivpam: Itu Framing!

  • Firmansyah

    08 Sep 2022, 19:28 WIB

    Bagikan:

image

Ketua PMII Komnivpam Amier Juhairi/ (firman/jurnalistika)

jurnalistika.id – Ketua Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Komisariat Universitas Pamulang (Komnivpam) Amier Juhairi angkat suara soal narasi yang beredar di tengah demo tolak kenaikan BBM pihaknya menerima sembako.

Narasi tersebut berasal dari kolase foto dengan tanda air (watermark) Polres Tangsel. Foto tersebut menunjukkan Ketua Kopri PMII Komnivpam tengah ikut membagikan sembako Bantuan Polri untuk masyarakat terdampak kenaikan BBM saat demo berlangsung.

Amier memastikan bahwa foto tersebut benar adanya. Ia sendiri turut serta membagikan sembako bersama Kapolres Tangsel AKBP Sarly Sollu itu. Hanya saja, dia menyayangkan framing yang beredar yang menyatakan pihaknya menerima sembako tersebut.

Menurutnya, saat PMII Komnivpam menggelar demo tolak kenaikan BBM di depan Puspemkot Tangsel, di tempat yang sama, Polres Tangsel membagikan sembako yang merupakan program ‘Bantuan Polri’.

“Saat demo berlangsung, kebetulan di tempat yang sama Polres Tangsel sedang ada program bagi sembako untuk pengendara terutama ojol (ojek online -Red) yang melintas. Nah kita diajaklah untuk ikut ngebagiin, secara simbolik aja,” kata Amier melalui pesan suara Whatsapp, Kamis (8/9/2022).

Meski demikian, Amier mengapresiasi program bagi-bagi sembako oleh Polres Tangsel itu untuk sementara dapat memenuhi kebutuhan pokok masyarakat yang naik imbas kenaikan BBM. Hanya saja, lanjut dia, hal tersebut tidak menyelesaikan akar masalah.

“Program bagi sembako Polres Tangsel tentunya baik mengingat kebutuhan dan bahan pokok hari ini naik. Tapi ini tidak menyelesaikan masalah karena bantuan itu bersifat sementara,” paparnya.

Pantauan jurnalistika.id di lokasi, aksi demonstrasi PMII Komnivpam memang berbarengan dengan program Polres Tangsel yang membagikan paket sembako.

Kapolres Tangsel, AKBP Sarly Sollu mengatakan, bantuan tersebut merupakan instruksi langsung dari Kapolri untuk membantu masyarakat yang terdampak kenaikan BBM.

Baca juga: Polisi Bagikan Sembako Untuk Warga Terdampak Kenaikan BBM di Tangsel

kapolres tangsel sarly sollu
Kapolres Tangsel, AKBP Sarly Sollu (Firman/jurnalistika)

Adapun terkait ada massa aksi yang ikut serta membagikan bantuan tersebut, Sarly mengatakan itu di luar rencana. Menurutnya, hal tersebut merupakan bentuk simpatik mahasiswa untuk ikut serta membantu masyarakat.

“Ini di luar rencana. Kebetulan kita ada sembako, kita koordinasi dengan rekan-rekan mahasiswa, mereka juga ingin seperti ini untuk mengungkapkan rasa simpatiknya kepada masyarakat dengan adanya kenaikan BBM ini. Sehingga kita berkolaborasi bersama-sama membagikannya kepada ojol,” jelas Sarly.

Sebelumnya, PMII Komnivpam menggelar aksi demo tolak kenaikan BBM di depan Puspemkot Tangsel, Kamis (8/9/2022). Dalam tuntutannya, mereka mendesak Wali Kota Tangsel agar mengirim surat kepada PJ Gubernur Banten dan Presiden Republik Indonesia untuk menganulir kenaikan harga BBM subsidi.

Baca juga: Demo Tolak Kenaikan BBM di Puspemkot Tangsel, Ini 4 Tuntutan PMII Komnivpam

demo kenaikan BBM PMII Komnivpam
Aksi tolak kenaikan BBM PMII Komnivpam di depan Puspemkot Tangsel. (firman/jurnalistika)

Ikuti jurnalistika.id di Google News untuk kabar dan berita update lainnya, klik di sini.

(fsy)

Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia

PMII Cabang Ciputat

PMII Komnivpam

tolak kenaikan BBM