Senin, 24 Januari 2022

Tentang KamiRedaksiKontak Kami
Jurnalistika
Jurnalistika

Sudah Diresmikan, Segini Biaya Revitalisasi Tugu Pamulang Tangsel

  • Firman Sy

    08 Jan 2022, 15:55 WIB

    Bagikan:

<p>Foto: Gubernur Banten, Wahidin Halim saat meresmikan Tugu Pamulang di Tangsel, Sabtu (8/1) (c) @biroadpimsetdabanten</p>

Foto: Gubernur Banten, Wahidin Halim saat meresmikan Tugu Pamulang di Tangsel, Sabtu (8/1) (c) @biroadpimsetdabanten

jurnalistika.id – Gubernur Banten Wahidin Halim (WH) meresmikan Tugu Pamulang, Tangerang Selatan (Tangsel) pada Sabtu (8/1/22) pagi.

“Hari ini kita meresmikan Tugu Pamulang. Kita sudah melakukan sayembara desain sebelumnya,” ujar WH.

Anggaran untuk merevitalisasi tugu di depan kampus A Universitas Pamulang tersebut berasal dari APBD Banten sebesar Rp700 juta.

Anggaran itu meningkat seiring dengan kebutuhan berbagai material untuk menyesuaikan desain tugu pamulang hasil sayembara.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas PUPR Provinsi Banten, Arlan Marzan mengatakan, sebelumnya anggaran untuk perbaikan Tugu Pamulang sebesar Rp.400 juta.

“Awalnya Rp 400 juta, kemudian setelah hasil sayembara kita koordinasi, kebetulan selama pelaksanaan dan desain, dari dewan juri dan langsung ikut dalam perencanaan material, jadi akhirnya anggaran menjadi Rp700 juta,” katanya usai acara peresmian, Sabtu (8/1/2022).

Lebih lanjut, Arlan mengungkapkan untuk perawatan tugu setidaknya membutuhkan dana sekitar Rp50 juta per tahun.

Arlan menyebut, Tugu Pamulang yang kini menjadi lebih artistik itu ke depannya akan dibangun lebih banyak fasilitas.

“Ke depan kita mau pasang pagar, khawatir ada yang masuk dan merusak. Ada tamannya juga di dalamnya. Pak Gubernur juga minta nanti ada azan di setiap waktu shalat dari tugu itu, kan di sini religius,” ujarnya.

Sebelumnya, Tugu Pamulang sempat mendapat sorotan publik media sosial, warganet mengolok-olok tugu tersebut dan menyebutnya seperti toren air hingga kandang burung raksasa.

Hal tersebut menjadi viral seiring terpublisnya rancangan awal desain yang berbeda jauh dengan realisasi.

Kemudian, pemprov Banten mengadakan sayembara terbuka untuk merancang tugu di Jl. Siliwangi tersebut, adapun pengerjaanya sudah mulai sejak Oktober 2021.

Hari ini, Tugu Pamulang yang telah diresmikan menjadi lebih megah dan estetik. Desainnya merupakan hasil karya Sedi Kurniadi dan Oma Marta Wijaya.

Baca juga: Revitalisasi Tugu Pamulang Hampir Rampung, Kado Awal Tahun?

tangsel

Tugu pamulang

Tugu pamulang tangsel

Wahidin Halim


Rekomendasi

Populer

Mencermati Komitmen Pemerintah Menjawab Tantangan Fiskal 2022