Rabu, 17 Agustus 2022

Tentang KamiRedaksiKontak Kami
Jurnalistika

Jokowi Belum Umumkan Nama Menpan RB Pengganti Tjahjo

  • Firmansyah

    15 Jul 2022, 11:15 WIB

    Bagikan:

image

Foto: Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian (ANTARA)

jurnalistika.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) belum mengumumkan nama menteri baru untuk mengisi kekosongan jabatan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB).

Sebelumnya, Jokowi menunjuk Tito Karnavian sebagai MenPAN RB Ad Interim atau penjabat menteri sementara hingga hari ini, Jumat (15/7/2022). Menteri Dalam Negeri itu menduduki jabatan MenPAN RB sejak Senin, 4 Juli 2022 menggantikan Tjahjo Kumolo yang wafat.

Jokowi pun belum menentukan apakah akan kembali menunjuk menteri ad interim atau mengangkat menteri definitif.

Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko enggan membahas mengenai kekosongan jabatan di KemenPAN RB itu. Moeldoko menyebut, hal itu wewenang presiden.

“Itu otoritas presiden, kapannya dan siapanya kita tunggu saja,” ungkap Moeldoko di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (14/7).

Sebelumnya, Menpan RB Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada Jumat (1/7) karena komplikasi paru dan diabetes. Ia meninggal setelah dirawat kurang lebih satu minggu.

Saat Tjahjo menjalani perawatan, Menkopolhukam Mahfud MD menjabat sebagai MenPAN RB Ad Interim. Setelah Tjahjo wafat, Jokowi menunjuk Tito Karnavian mengemban jabatan itu.

Penunjukkan itu tertuang dalam surat bernomor B-596/M/D-3/AN.00.03/07/2022 dengan tanda tangan Menteri Sekretaris Negara Pratikno tertanggal 4 Juli 2022.

Tito Karnavian menjabat sebagai MenPAN RB ad interim sejak 4 hingga 15 Juli 2022.

Baca juga: Jokowi Tunjuk Mendagri Tito Karnavian Jadi MenPAN RB Ad Interim

Dapatkan berita pilihan jurnalistika.id setiap hari langsung ke ponsel di Grup Telegram “Sahabat Jurnalistika”. Mari bergabung dengan cara Klik link ini, kemudian join.

Menpan RB

Presiden Jokowi

Tito Karnavian

Tjahjo Kumolo