logo jurnalistika

Presiden Jokowi Perpanjang PPKM Darurat Hingga 6 Hari

Oleh

Firman Sy

pada

21 Jul 2021, 01:48 WIB

Presiden Jokowi Perpanjang PPKM Darurat Hingga 6 Hari

Jurnalistika.id – Pemerintah akhirnya memutuskan untuk memperpanjang pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat hingga tanggal 26 Juli dengan catatan.

Keputusan ini disampaikan langsung oleh Presiden Jokowi melalui akun Youtube Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden, Selasa malam (20/7/21).

 “Namun kita selalu memantau, memahami dinamika di lapangan, dan mendengar suara-suara masyarakat terdampak PPKM,” kata Presiden Jokowi, Selasa (20/7/21).

“Karena itu, jika tren kasus terus mengalami penurunan, maka tanggal 26 Juli 2021, pemerintah akan melakukan pembukaan bertahap,” tambahnya.

Baca Juga: Efektifitas Vaksinasi Dalam Memutus Penularan Covid-19

Presiden menuturkan, pasar tradisional yang menjual kebutuhan pokok sehari-hari, diizinkan buka sampai pukul 20.00 dengan kapasitas pengunjung 50%.

“Pasar tradisional, selain yang menjual kebutuhan pokok sehari-hari, diizinkan dibuka sampai dengan pukul 15.00 dengan kapasitas maksimal 50%,” ujarnya.

Sementara itu, lanjut Jokowi, pedagang kaki lima, pangkas rambut, toko kelontong, pedagang asongan, bengkel kecil, dan usaha kecil lain yang sejenis, diijinkan buka sampai dengan pukul 21.00 yang pengaturan teknisnya diatur oleh Pemerintah Daerah.

Selain itu, Presiden Jokowi juga mengatakan pemerintah akan memberikan bantuan bagi masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19.

“Untuk meringankan beban masyarakat yang terdampak, pemerintah mengalokasikan tambahan anggaran perlindungan sosial Rp55,21 Triliun, berupa bantuan tunai, bantuan sembako, bantuan kuota internet dan subsidi listrik,” jelasnya.

Baca Juga: Vaksinasi Goes To Campus Unpam diikuti Ribuan Mahasiswa

Tak hanya itu, sambung Presiden, pemerintah juga memberikan insentif untuk usaha mikro informal sebesar sebesar Rp1,2 juta untuk sekitar 1 juta usaha mikro.

“Saya sudah memerintahkan kepada para menteri terkait untuk segera menyalurkan bansos tersebut kepada warga masyarakat yang berhak,” ujarnya.

Oleh karena itu, kata Jokowi, ia mengajak seluruh lapisan masyarakat, seluruh komponen bangsa, untuk bersatu padu melawan Covid-19 ini.

“Dengan usaha keras kita bersama, Insyaallah kita bisa segera terbebas dari Covid-19 dan kegiatan sosial dan kegiatan ekonomi masyarakat bisa kembali normal,” tutupnya.

Berita Terkait

Aturan Makan di Warteg 20 Menit, dipantau TNI & Polri?

News

18 jam yang lalu

Aturan Makan di Warteg 20 Menit, dipantau TNI & Polri?