logo jurnalistika

Organisasi Kepemudaan Depok Satukan Ide Gagasan : Siap Usulkan Musrenbang

  • Firman Sy

    15 Okt 2021, 06:42 WIB

    Bagikan:

Photo. Pengurus berbagai OKP Kota Depok

Jurnalistika.id – Pimpinan Cabang Pertahanan ideologi syarikat islam (PC Perisai) Kota Depok menginisiasi gerakan Konsorsium Organisasi kepemudaan yang berlangsung di Kelurahan Kalimulya, Kecamatan Cilodong, Kota Depok, Kamis (14/10/2021) malam.

Kegiatan tersebut membahas permasalahan dan keresahan para organisasi kepemudaan sebagai upaya untuk menumbuhkan partisipasi aktif berbagai organisasi kepemudaan (OKP) dalam musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) Kota Depok.

Muhammad Djody, Ketua PC Perisai Kota Depok mengatakan, pertemuan tersebut tidak ada agenda khusus yang mengarah pada kepentingan individu.

“Perkumpulan orang-orang baik yang peduli ini adalah sebuah permufakatan indah yang memang diawali dari niat yang baik pula” Katanya.

Djody menambahkan, konsorsium kebaikan seperti ini penting dilakukan guna untuk menyatukan frekuensi gerakan.

Baca Juga: Resmi Pimpin PW SEMMI Jabar, Suhendar: Mari Sinergi Membangun Jawa Barat

“Pertemuan ini dihadiri para akademisi dan cendikiawan muda, teman-teman pemuda yang hadir lainnya juga hebat dan memberikan output yang esensial dan fundamental” ujarnya.

Hadir dalam pertemuan tersebut; PERISAI Kota Depok; Wanita PERISAI Kota Depok; IPNU Kota Depok; Pemuda Katolik Depok; PD Pemuda Hidayatullah;, IMM Kota Depok; SEMMI Kota Depok; dan IKAMI Sulsel Cabang Depok.

Acara berjalan santai dan cair dengan diskusi yang substansial, Semua perwakilan OKP, Ormawa, dan Organda sepakat bahwa pertemuan ini harus menjaga substansi pada kepentingan bersama, dan sepakat bahwa peran KNPI DPD Depok tidak dirasakan oleh para pemuda.

Baca Juga: Tersangka Pengeroyok Dua Mahasiswa Unpam Sudah Ditahan

Syahru, Ketua IPNU Kota Depok mengungkapkan, saat ini KNPI Kota Depok sangat jauh dari kata sebuah himpunan pemuda.

“Saat ini KNPI Kota Depok tidak memberikan ruang lebih terhadap OKP lain, Begitupun pemerintah kota Depok, khususnya DPRD yang kerap mengundang Sayap Parpol daripada OKP yang tanpa kepentingan,” ungkapnya.

Ia menilai, ada sesuatu di luar tupoksi di dalam tubuh KNPI sehingga tidak semua OKP diayomi dan diakomodir “Jadi KNPI ini milik siapa?” Katanya.

Selanjutnya, Ketua IKAMI Sulsel, Ariadi menyambut baik dan mengapresiasi acara yang berlangsung secara singkat, jelas dan padat ini. Ia menuturkan, bahwa gerakan ini perlu dilaksanakan guna mendorong pemberdayaan pemuda.

“Beasiswa minim, kegiatan KNPI cenderung hanya kebeberapa kelompok, sehingga membuat OKP yang tidak punya peran teralienasi” Katanya.

Baca Juga: Tolak Aksi Demo, 2 Mahasiswa UNPAM Dikeroyok

“Apakah 18 OKP dari 63 OKP yang mewakili di rapat Bapemperda tanggal 22 September kemarin benar-benar representasi pemuda?” imbuh Ariadi.

Sementara itu, Anisya Ketua Wanita PC Perisai Kota Depok mengatakan, sebagai lanjutan dari pertemuan itu akan melakukan bedah RAPERDA dan NA di sekretariat Pemuda Hidayatullah dan segera melayangkan surat resmi ke DPRD Kota Depok dan mengirimkan DIM dalam waktu dekat ini.

“Saudara Arfan dari Pemuda Hidayatullah akan siapkan tempat untuk diskusi” Pungkas Anisya yang baru dilantik 10 Oktober 2021 kemarin.

Depok

KNPI Kota Depok

Kota Depok

Perisai

Perisai tangsel


Rekomendasi

Topik Pilihan

#

Vannesa Angel

#

Tangsel

#

Benyamin Davnie

#

Jokowi Dodo

#

PT. PITS

Terbaru

dsds

Fakta Menarik Desa Wisata Huta Tinggi: Dekat Danau Toba Identik Dengan Kerbau

Peringati Hari AIDS Sedunia, Ini Yang dilakukan KPA Purwakarta

Menitipkan Masa Depan Melalui Pohon : Investasi Oksigen

Ini Rincian UMK Banten Tahun 2022 yang Ditetapkan Gubernur Wahidin Halim

Pemkot Tangsel Gelar Pengembangan Pelaku Usaha Sektor Pertanian Demi Peningkatan Produksi

Ini Alasan Erick Thohir Gabung Banser

Pemkot Tangsel Gelar Giat Pengembangan Usaha Mikro Bagi Pelaku Usaha

Julham Firdaus Kembali Pimpin Bamus Tangsel, Begini Harapan Walikota