Jurnalistika
Loading...

Menko PMK Dorong Warga Ikut Mudik Gratis Lebaran 2024, Jangan Bawa Motor

  • Arief Rahman

    19 Mar 2024 | 07:25 WIB

    Bagikan:

image

Ilustrasi mudik lebaran 2024. (Pixabay/Ralphs_Fotos)

jurnalistika.id – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menghimbau masyarakat tidak mudik menggunakan sepeda motor. 

Menurutnya, masyarakat lebih baik mengikuti program mudik gratis Lebaran 2024 yang telah disediakan oleh pemerintah dan juga swasta.

Saat ini, kata Muhadjir pemerintah telah menyediakan program mudik gratis lewat beberapa instansi. Seperti dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang menyediakan fasilitas layanan mudik menggunakan bus untuk penumpang dan truk untuk mengangkut motor.

Baca juga: Waspada! Ganjil Genap Akan Diterapkan Saat Mudik Lebaran 2024, Pelanggar Langsung Kena Tilang ETLE

Kemudian, beberapa perusahaan yang berada di bawah Kementerian BUMN juga banyak yang membuka layanan musik gratis. Begitu juga dengan kementerian-kementerian teknis lainnya.

“Saya menghimbau agar perusahaan-perusahaan swasta, kemudian organisasi-organisasi kemasyarakatan juga bisa memberikan pelayanan berupa mudik gratis,” ungkap Muhadjir Kantor Kemenko PMK, Jakarta, Senin (18/3/2024).

Muhadjir menambahkan, nantinya setiap program mudik gratis akan diupayakan untuk menyediakan armada pengangkut motor. Sehingga masyarakat tetap bisa menggunakan kendaraannya saat sampai di kampung halaman.

 “Untuk mudik gratis ini kita upayakan nanti mereka yang berkendaraan roda 2 itu kita siapkan sendiri kendaraan pengangkutnya termasuk yang akan mudik melalui kapal laut. Jadi untuk mudik kapal laut itu roda 2 bisa dimasukkan di kapal sekaligus.” ujarnya.

Baca juga: Ini Cara Mudah Daftar Program Mudik Gratis 2024 Tangsel, Hanya Ada 700 Kuota

Muhadjir kemudian menyoroti potensi bahaya warga mudik menggunakan kendaraan roda dua sambil membawa anak kecil. Dia menyinggung sejumlah kasus, seperti anak kecil yang menjadi korban kecelakaan, saat mudik Lebaran.

Selain itu, bagi warga yang ingin membeli tiket mudik, Muhadjir juga menyarankan agar melalui online. Dipersiapkan secepatnya agar saat keberangkatan tidak sampai kerepotan.

Baca berita dan ikuti jurnalistika di Google News, klik di Sini.

Lebaran 2024

Menko PMK

mudik gratis 2024


Konten Sponsor

Populer

5 Rekomendasi Restoran Tempat Bukber di BSD Tangsel, Lokasi dan Estimasi Harga
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami