Senin, 24 Januari 2022

Tentang KamiRedaksiKontak Kami
Jurnalistika
Jurnalistika

Mengenal Sipangsi, Aplikasi E-Voting Milik KPU Tangsel

  • Firman Sy

    27 Des 2021, 18:00 WIB

    Bagikan:

<p>Foto ; Sipangsi (Dok. KPU Kota Tangsel)</p>

Foto ; Sipangsi (Dok. KPU Kota Tangsel)

jurnalistika.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang Selatan (Tangsel), mulai mensosialisasikan sistem pemilihan elektronik Sipangsi. Penerapan sistem ini akan mulai uji coba untuk pemilihan Ketua Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) di Kota Tangsel.

“Jadi aplikasi Sipangsi ini sudah kita luncurkan pekan kemarin, dalam aplikasi itu terdapat juga e-Voting. Di mana e-Voting ini nantinya akan kita sosialisasikan ke masyarakat, agar masyarakat bisa memakainya ketika mengadakan pemilihan RT dan RW,” jelas Komisioner KPU Tangsel, Ade Wahyu Hidayat, Senin (27/12/2021).

Menurut Ade, pemanfaatkan e-Voting itu merupakan langkah awal pembelajaran masyarakat dalam menggunakan sistem elektronik dalam pemilihan.

“Sistem pemilihan itu nantinya juga dapat digunakan oleh Pemerintah Kota Tangsel atau pada pemilihan organisasi pelajar (OSIS) di sekolah-sekolah,” katanya.

Sipangsi, Langkah Awal Pemilu Langsung Melalui Aplikasi

Sehingga, bila memang memungkinkan pemilu nantinya menggunakan sistem elektronik, maka masyarakat tidak akan kaget lagi.

Ade pun mengklaim, sebelum resmi meluncurkan aplikasi tersebut, KPU Kota Tangsel sudah melakukan uji coba dan lancar.

Karena itu Ade menjamin, tahun depan ketika akan melaksanakan pemilihan ketua RT/RW, organisasi dan sebagainya, bisa menggunakan aplikasi tersebut.

“Tinggal nanti kita terapkan di masyarakat untuk digunakan dalam pemilihan kepala lingkungan, atau munngkin di organisasi seperti OSIS dan lainnya,” jelas dia.

Sedangkan dalam aplikasi Sipangsi sendiri, masyarakat bisa memperoleh banyak informasi mengenai pemilu dan pilkada. Serta melakukan pengecekan data pemilih.

Melansir Bantentoday, Walikota Tangsel, Benyamin Davnie menyambut baik launching Aplikasi Sipangsi, Benyamin berharap, tingkat partisipasi pemilih di Kota Tangsel meningkat.

Benyamin Davnie saat melaunching Sistem Pemilihan berbasis elektronik di Setu (Dok I istimewa)

“Ini langkah maju dan Saya menyambut baik launching ini. Saya berharap partisipasi pemilih di Kota Tangsel bisa meningkat,” ujar Benyamin saat melaunching Sipangsi di Setu, Rabu (22/12).

Benyamin berharap, aplikasi e-voting tersebut dapat bermanfaat dalam pemilihan di berbagai tingkatan dan bisa digunakan dalam pemilihan tingkat nasional.

Baca juga:

Benyamin davnie

e-voting

KPU Kota Tangsel

sipangsi

tangsel


Rekomendasi

Populer

Mencermati Komitmen Pemerintah Menjawab Tantangan Fiskal 2022