Jurnalistika
Loading...

Mahasiswi Unpam Tewas Tersenggol Truk di Tangsel, HMI Komfaktek Soroti Jam Operasional

  • Arief Rahman

    30 Mei 2024 | 10:55 WIB

    Bagikan:

image

HMI Komfaktek soroti truk melintas di luar operasional di Tangsel. (Dok. Istimewa)

jurnalistika.id – Himpunan Mahasiswa Islam Komisariat Fakultas Teknik (HMI Komfaktek) Cabang Ciputat bersuara terkait kecelakaan yang menimpa seorang mahasiswi Universitas Pamulang (Unpam) di Jalan Ciater, Tangerang Selatan (Tangsel), Selasa (28/5/2024) lalu. Pasalnya, kecelakaan yang menewaskan mahasiswi Fakultas Hukum itu diduga karena tersenggol truk.

Ketua Umum HMI Komfaktek, Ahmad Mubarok, menyoroti truk tersebut karena melintas di luar jam operasional. Ia mengacu pada Perwal Kota Tangsel No 58 Tahun 2019 tentang Pembatasan Operasional Mobil Barang.

“Dalam perwal itu kan dijelaskan, truk tidak boleh melintas jalan kota maupun provinsi di kawasan pemerintahan Kota Tangsel sebelum jam 10 malam. Kok pada saat kecelakaan itu, truk bisa melintas, kan masih siang. Ini kan menjadi pertanyaan,” kata Mubarok di Tangsel, Kamis (30/5/2024).

Ia menambahkan, dalam perwal terkait untuk mobil muatan seperti pengangkut bahan bakar minyak, bahan bakar gas, dan kebutuhan pokok, bahan penanggulangan bencana, hingga kendaraan dinas TNI Polri memang diperbolehkan. Namun, untuk truk jelas dilarang.

Baca juga: Mahasiswi Unpam Meninggal Dunia Terlindas Truk di Ciater Tangsel

Mubarok lantas mempertanyakan ketegasan pihak berwajib dalam pengawasan truk yang bisa melintas di luar jam operasional. Menurutnya secara aturan sudah bagus, tetapi fakta di lapangan justru sebaliknya.

“Namun, pada fakta dan realita dilapangan hal itu sering tidak dilakukan oleh petugas untuk menertibkan truk yang melintas. Kecelakaan yang menimpa mahasiswi beberapa hari lalu menjadi salah satu bukti kelalaian petugas,” ujarnya.

Mubarok meminta pemerintah Tangsel agar lebih memperketat pengawasan, sehingga tidak ada lagi kejadian serupa yang menimpa masyarakat. Ia juga berharap agar pemerintah Tangsel melakukan evaluasi.

“Ini kalau dibiarkan terus dan tidak ada tindakan tegas dari pemkot Tangsel, maka tidak tertutup kemungkinan akan ada lagi kecelakaan yang menimpa pengguna jalan,” tuturnya.

Selain itu, Mubarok mengucapkan belasungkawa terhadap mahasiswi Unpam yang menjadi korban kecelakaan. Ia berharap keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan kesabaran.

Sebelumnya, Mahasiswa Unpam berinisial EW mengalami kecelakaan hingga meninggal dunia di kawasan Ciater, Selasa (28/5/2024) sekitar pukul 15.00 WIB. Korban diduga tewas di tempat usai tersenggol truk yang melintas di jalur yang sama.

Baca berita Jurnalistika lainnya di Google News, klik di sini

kecelakaan maut

mahsiswi unpam

Tangsel


Populer

Sejarah Kesultanan Banten Ubah Jalan Perdagangan Nusantara
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami