Kamis, 30 Juni 2022

Tentang KamiRedaksiKontak Kami
Jurnalistika

Mahasiswa Unpam Sosialisasi Cegah Pernikahan Dini di SMKN 13 Jakarta

  • Firmansyah

    01 Jun 2022, 13:10 WIB

    Bagikan:

image

Kelompok PKM Mahasiswa Unpam. (Foto: Istimewa)

jurnalistika.id – Sejumlah mahasiswa Fakultas Hukum (FH) Universitas Pamulang (Unpam) melakukan sosialisasi Pernikahan dini dalam hukum perkawinan berdasarkan Undang-undang (UU) Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan, di SMK NEGRI 13 Jakarta, Senin (31/5/2022).

Mahasiswa Unpam yang melaksanakan Kegiatan sosialisasi dalam rangka pengabdian kepada masyarakat (PKM) itu antara lain, Catur Nugroho sebagai Ketua Pelaksana, bersama Eka Saiful Milah, Tarisa Valbia Wisesa, serta Haris Pujianto.

Catur Nugroho mengatakan, maraknya pernikahan dini yang terjadi di indonesia menimbulkan banyak dampak negatif bagi anak. Baik secara fisik mau pun secara mental.

Tak hanya itu, ia menyebut, tingginya angka pernikahan dini itu juga berisiko meningkatkan kematian terhadap ibu dan anak.

“Berdasarkan Laporan Kajian Perkawinan Usia Anak di Indonesia. Tingginya angka pernikahan usia dini dapat meningkatkan angka risiko kematian ibu dan anak,” kata Catur dalam keterangannya, Selasa.

pkm mahasiswa unpam
foto bersama peserta kegiatan PKM. (foto: istimewa)

Sementara itu, Dosen Pembimbing kegiatan, Rizky Dwi Pradana mengatakan, PKM merupakan salah satu program Universitas Pamulang dalam rangka mengasah pola pikir dan meningkatkan critical thinking mahasiswa.

Menurutnya, untuk menekan angka pernikahan dini diperlukan kesadaran masyarakat. Khususnya orang tua untuk meningkatkan kemampuannya. Baik pengetahuan maupun keterampilannya,” tutur Dosen Fakultas Hukum Unpam tersebut.

Selain itu, ia juga mengajak masyarakat untuk mendukung program-program BKKBN dalam menekan laju pertumbuhan penduduk.

kemudian, dalam pelaksanaannya, kegiatan ini pun mendapat respon yang baik dari Kepala sekolah SMK Negeri 13 Jakarta, Ibu Dra. Hj. Maimunah, M.Pd.,

Ia mengucapkan terima kasih atas kehadiran mahasiswa unpam yang melakukan sosialisasi tentang pernikahan dini di sekolahnya.

“Kami berterima kasih sekali atas kehadiran adik-adik mahasiswa di sekolah kami. Penyampaiannya cukup jelas dan pastinya akan bermanfaat bagi siswa/siswi SMK Negri 13 Jakarta,” pungkasnya.

Baca berita jurnalistika.id lainnya di Google Newsklik di sini.

PKM Mahasiswa Unpam