Jurnalistika
Loading...

BNN Ungkap Mahasiswa Pecandu Narkoba Meningkat Tiap Tahun

  • Jurnalistika

    08 Sep 2023 | 15:15 WIB

    Bagikan:

image

(Ilustrasi: Ist)

jurnalistika.id – Tingkat penggunaan narkoba di kalangan mahasiswa mengalami peningkatan sejak 2021. Hal itu diungkapkan Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN), Komisaris Jenderal Polisi Petrus Reinhard Golose usai memberikan kuliah umum kepada ribuan mahasiswa Universitas Pendidikan Nasional (Undiknas) Denpasar, Bali, Kamis (8/9/2023).

“Hasil prevalensi dari sebelum 2019 itu 1,1 persen. Kemudian sesudah 2021 itu 1,38 persen pelajar dan mahasiswa menggunakan narkotika di Indonesia,” ujar Golose, seperti dilansir Antara, Jumat.

Golose mengatakan, berdasarkan penelitian BNN, mahasiswa di Sumatera Utara menjadi yang paling banyak menggunakan narkotika dibandingkan dengan wilayah lainnya di Indonesia. Namun, ia tidak menyebut secara rinci angka perbandingan setiap daerahnya dan jenis narkoba yang paling banyak digunakan.

Dari 1.212 jenis narkotika di dunia, kata dia, sebanyak 92 jenisnya sudah beredar di Indonesia. Ini diperparah dengan munculnya narkoba jenis baru (new psychoactive substances/NPS).

“Ini menjadi konsen saya. Saya safari ke seluruh ke perguruan tinggi di Indonesia karena rasa kecintaan saya untuk generasi muda karena prevalensi, peredaran narkotika cukup tinggi. Kita harus melakukan pendekatan lunak terutama mulai dari mahasiswa dan mahasiswi,” kata Golose.

Lebih lanjut, Golose mengaku tidak terkejut dengan kesaksian sejumlah mahasiswa baru Undiknas yang terang-terangan mengaku, pernah terjerumus dalam jual beli narkoba sebagai pengguna. Dirinya justru mengapresiasi para mahasiswa yang sadar dan berhenti dalam peredaran gelap barang terlarang tersebut.

Ia meminta mahasiswa yang sudah terpengaruh narkotika, menjalankan program rehabilitasi di rumah BNN dan berani untuk menolak tawaran memakai narkotika.

“Anak-anak ini harus kita selamatkan. Kalau kita lihat pengalaman-pengalaman tadi, mereka dipengaruhi. Ini tanggung jawab bersama untuk mengkampanyekan lawan narkotika, melindungi masa depan generasi bangsa,” tandasnya.

Baca berita dan ikuti jurnalistika di Google News, klik di Sini.

badan narkotika nasional


Populer

Potret Lautan Massa Aksi Penuhi Jalanan Depan Gedung Parlemen
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami