Jurnalistika

Kaji Dampak Kenaikan BBM, HMM Unpam Sampaikan 3 Tuntutan

  • Firmansyah

    12 Sep 2022, 21:12 WIB

    Bagikan:

image

Warga mengisi BBM di SPBU di wilayah Pamulang, Tangsel (Dok: jurnalistika.id)

jurnalistika.id – Himpunan Mahasiswa Manajemen (HMM) Universitas Pamulang (Unpam) menyatakan sikap menolak kenaikan harga BBM bersubsidi.

Pernyataan tersebut dilontarkan Ketua Umum HMM Unpam Rizki Diredja. Ia mengatakan, pihaknya melalui Divisi Pendidikan dan Kebudayaan sudah mengkaji dampak dicabutnya subsidi BBM jenis Pertalite dan Solar itu dalam diskusi bertema “Kenaikan BBM dalam Kacamata Ekonomi”.

Poster Diskusi HMM Unpam.

Hasilnya, HMM Unpam menyatakan bahwa langkah pemerintah yang menaikkan harga BBM bersubsidi tidak memiliki alasan. Terlebih, di tengah ekonomi masyarakat yang masih lesu akibat dihantam Pandemi Covid-19.

“Kebijakan ini justru akan berdampak serius bagi kelompok ekonomi menengah dan kelompok ekonomi menengah ke bawah. Selain itu, kondisi pasar nasional juga belum terlihat stabil. Harga minyak goreng yang belum kembali pada harga normal seperti sebelum kelangkaan, harga telur yang juga tengah naik merupakan beberapa fakta yang dihadapi masyarakat saat ini,” kata Rizki dalam keterangannya, Senin (12/9/2022).

Selain itu, ia menambahkan kenaikan harga BBM ini juga berdampak pada biaya transportasi logistik. Ia merinci, harga bahan pangan dan kebutuhan pokok masyarakat lainnya akan berdampak naik sampai 30% dari harga normal.

“Hal ini tentu berdampak pada daya beli rumah tangga,dan kemungkinan besar kalangan masyarakat menengah akan menjadi kelompok masyarakat miskin baru karna tingginya harga bahan pokok dan juga rendahnya pembeli,” paparnya.

Untuk itu, sebagai langkah menunjukkan sikapnya, HMM Unpam berencana akan menggelar aksi demo kenaikan BBM ke Gedung DPR RI, Jakarta, besok, Selasa (12/9/2022).

“Untuk tindak lanjutnya kita aksi ke istana besok. Gabung bersama HMM dari UMJ, koalisis mahasiswa unpam bersatu, dan semmi cabang Tangsel,” kata Rizki.

Berikut hasil kajian dan tiga pernyataan terkait kenaikan harga BBM HMM Universitas Pamulang.

Pertama, menolak kebijakan pemerintah menaikkan harga BBM subsidi.

Kedua, meminta pemerintah melakukan perbaikan sistem distribusi BBM subsidi.

Ketiga, mendesak pemerintah untuk menstabilkan harga bahan pokok di pasaran.

Baca berita jurnalistika.id lainnya di Google News, klik di sini.

BBM Naik

demo kenaikan bbm

HMM Unpam

universitas pamulang