Rabu, 17 Agustus 2022

Tentang KamiRedaksiKontak Kami
Jurnalistika

Kadiskop UMKM Ajak Anak Muda Ikuti Tangsel Digifest 2022

  • Firmansyah

    05 Jul 2022, 14:49 WIB

    Bagikan:

image

Pameran produk UMKM yang diadakan oleh Dinas Koperasi dan UKM Tangsel di depan Perum Kencana Residen, Kota Tangsel, Jumat (25/2/22). Foto: jurnalistika/firman

jurnalistika.id – Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kota Tangerang Selatan Warman Syanudin mengajak anak muda mengikuti ajang Tangsel Digifest 2022.

Tangsel Digifest merupakan ajang tahunan Dinas Koperasi dan UKM untuk mencari produk terbaik di Kota Tangerang Selatan.

file; tangsel digifest 2022
dok, instagram: humaskotatangsel

Salah satu kriteria penilaian produk terbaik dalam Tangsel Digifest 2022 adalah inovasi produk. Menurut Warman, saat ini banyak anak muda yang melakukan inovasi pada produk UMKM.

Untuk itu, ia mengajak anak muda, utamanya mahasiswa agar mengikuti ajang tahunan tersebut. Menurut Warman, mahasiswa dapat berperan untuk meningkatkan kualitas produk UKM.

“Produk UMKM kan bukan hanya wujud fisiknya. Melainkan misalnya cara pemasaran online bagaimana, atau ngambil angle fotonya bagaimana. Mahasiswa sudah banyak yang melakukan itu,” kata Warman melalui sambungan telpon, Selasa (5/7/2022).

Meski salah satu syarat mengikuti ajang Tangsel Digifest 2022 ini harus berdomisili di Tangsel, kata Warman, mahasiswa dari luar daerah yang memiliki produk UMKM bisa ikut mendaftar dengan menyertakan alamat kampus.

Baca juga: Dinkop UKM Gelar Pameran, 30 Pelaku UMKM Unjuk Produk Unggulan

Ia berharap, Tangsel Digifest 2022 menjadi ajang untuk pelaku UKM melakukan inovasi dengan produknya.

“Kita ingin meningkatkan kreativitas para pelaku UKM. Dengan kreativitasnya itu, nanti akan menjadikan produknya jadi lebih bagus. Jadi bukan hanya produknya yang bagus, tapi inovasi dengan misalnya packaging, cara bungkusnya, kita akan nilai,” ujar Warman.

Lebih lanjut Warman menjelaskan, teknis pencarian produk terbaik untuk mengikuti Tangsel Digifest 2022 akan dimulai dari tingkat kecamatan. Setelah pemenang diumumkan, kemudian produk tiap kecamatan itu akan mewakili ke tingkat kota.

“Misalnya, kuliner di kecamatan apa, handycraft, ekraf (ekonomi kreatif)-nya apa akan dinilai. Lalu yang terbaik akan menjadi perwakilan dari kecamatan ke tingkat kota,” pungkasnya.

Baca juga: Dinkop UMKM Tangsel Beri Ruang Komunitas Difabel Gelar Produk Unggulan

Update berita pilihan jurnalistika.id setiap hari langsung ke ponsel. Mari bergabung di Grup Telegram “Sahabat Jurnalistika”. Klik link ini, kemudian join.

Dinas Koperasi dan UKM Tangsel

Tangsel Digifest 2022

UMKM Tangsel