Jurnalistika
Loading...

Jokowi Bakal Lantik AHY Jadi Menteri ATR Siang Ini

  • Arief Rahman

    21 Feb 2024 | 07:35 8IB

    Bagikan:

image

Ketua Umum Partai Demokrat AHY usai ziarah ke Makam Raden Aria Wangsakara di Tangerang, Selasa (18/4/2023). (Jurnalistika/Firmansyah)

jurnalistika.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan akan melantik Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) pada Rabu (21/2/2024) siang.

AHY akan dilantik bersamaan dengan Hadi Tjahjanto yang akan menjadi Menko Polhukam. Sebelum pelantikan nanti, Hadi merupakan Menteri ATR yang artinya akan digantikan AHY.

Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana sebelumnya juga telah mengonfirmasi akan ada pelantikan menteri oleh Jokowi di Istana Negara hari ini pada pukul 11.00 WIB.

“Rabu besok, 21 Februari 2024, pukul 11.00 WIB, diagendakan pelantikan Menko Polhukam dan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN oleh Presiden di Istana Negara,” kata Ari Dwipayana.

Baca juga: KPU Akui Ada 1.223 TPS Salah Input Data Pilpres di Sirekap

Pelantikan AHY akan menjadi pengalaman pertama bagi dirinya berada di jajaran eksekutif pemerintahan. Sejak berkecimpung di dunia politik, ia belum pernah menjadi pejabat publik baik di tingkat kabupaten/kota atau provinsi.

Putra dari Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono ini memang pernah maju sebagai calon gubernur DKI Jakarta pada 2017 lalu. Saat itu, ia berebut suara dengan Anies Baswedan dan Basuki Tjahaja Purnama.

Sementara pada masa Pemilu 2024 ini, AHY sempat digadang-gadang bakal mendampingi Anies Baswedan sebagai calon wakil presiden dari Koalisi Perubahan. Namun, rupanya kabar itu tidak terealisasi.

Partai Demokrat justru menarik diri dari Koalisi Perubahan, dan Anies justru memilih Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar yang menjadi pasangannya.

Keputusan tersebut kemudian membuat AHY pindah dari Koalisi Perubahan ke Koalisi Indonesia Maju yang mengusung Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Saat ini, pasangan Prabowo-Gibran unggul dalam perhitungan suara sementara oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Begitu juga dengan quick count dari berbagai sumber.

Baca berita Jurnalistika lainnya di Google News, klik di sini.

Agus Harimurti Yudhoyono

AHY

jokowi

Menteri Jokowi


Konten Sponsor

Populer

Update Real Count Pilpres 21 Februari: Prabowo 58,7%, Anies 24,1%, Ganjar 16,9%
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami