Jurnalistika
Loading...

Fatwa MUI Haramkan Beli Produk Pro-Israel, Ini 8 Merek Terkenal di Indonesia

  • Arief Rahman

    13 Nov 2023 | 09:45 WIB

    Bagikan:

image

Ilustrasi boikot produk pro Israel. (Canva/NP)

jurnalistika.id – Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan Fatwa Nomor 83 Tahun 2023 berisi tentang Hukum Dukungan Terhadap Perjuangan Palestina. Di dalamnya disebutkan mendukung Palestina adalah hukumnya wajib, sementara pro terhadap Israel hukumnya haram.

Ketua Bidang Fatwa, Asrorun Niam Sholeh menegaskan, yang dimaksud mendukung Israel tersebut bukan hanya secara langsung tetapi juga secara tidak langsung. Seperti membeli produk dari produsen yang berkaitan atau secara nyata mendukung Israel.

“Mendukung pihak yang diketahui mendukung agresi Israel, baik langsung maupun tidak langsung. Seperti dengan membeli produk dari produsen yang secara nyata mendukung agresi Israel hukumnya haram,” kata Asruron.

Baca juga: Fatwa MUI: Muslim Wajib Dukung Palestina, Haram Pro Israel

Meski dalam fatwa MUI tersebut tidak menyebutkan secara spesifik nama-nama perusahaan yang dimaksud pro terhadap Israel. Tetapi gerakan yang dipimpin Palestina bernama Boycott, Divestment, Sanctions (BDS) Movement telah merilis produk milik atau yang terikat dengan Israel.

8 Produk Terkenal Pro Israel di Indonesia dan Masuk Daftar Boikot

Ada banyak produk terkenal di Indonesia yang diboikot BDS karena disebut mendukung Israel. Berikut setidaknya delapan di antaranya.

1. Danone

Perusahaan ini sebetulnya berasal dari Prancis. Tetapi diketahui mereka memegang saham perusahaan makanan Straus Group Israel sebesar 20 persen. Sehingga diduga mereka menjadi bagian dari yang mendukung agresi terhadap Palestina.

2. Coca-Cola

Produk minuman multinasional Amerika serikat ini merupakan salah satu merek minuman paling terkenal di Indonesia. Disebutkan perusahaan ini punya peternakan sapi perah di suatu pemukiman di Israel.

3. Starbucks

Gerainya bisa dilihat menjamur di beberapa daerah di Indonesia, untuk itu Starbucks juga menjadi salah satu merek terkenal di Indonesia. BDS juga memboikot produk ini.

4. Unilever

Unilever juga masuk ke dalam daftar merek yang diboikot BDS. Beberapa produk terkenal perusahaan ini adalah Pepsodent, Sunsilk, Royco, Kecap Bang. Di bagian perawatan tubuh ada Axe, Citra, Clear Men, Close Up dan masih banyak lagi.

5. P&G

Perusahaan ini juga bergerak di beberapa bidang seperti Unilever terutama di bidang perawatan tubuh. Beberapa produk terkenalnya adalah Pampers, Downy, Gillette, Head & Shoulders, hingga Oral-B.

6. McDonalds

Sebelum Fatwa MUI keluar, boikot terhadap McDonalds sudah banyak digunakan netizen di media sosial. Merek restoran cepat saji terkenal di Indonesia ini juga masuk dalam daftar yang diboikot BDS.

7. HP

Hewlett Packard (HP) merupakan produk di bidang teknologi yang terkenal di Indonesia. Mereka disebut menyediakan sistem ID Biometrik untuk membantu Israel membatasi pergerakan Palestina sehingga masuk daftar boikot.

8. Puma

Bukan hanya produk di teknologi dan kebutuhan sehari-hari, tetapi merek olahraga terkenal Puma juga masuk daftar boikot. Mereka jadi dikecam karena menjadi sponsor Asosiasi Sepak Bola Israel.

Baca berita Jurnalistika lainnya di Google News, klik di sini.

Israel

Palestina

produk Israel


Konten Sponsor

Populer

3 Hakim MK Dissenting Opinion untuk Putusan Sengketa Pilpres 2024, Apa Itu?
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami