Jurnalistika
Loading...

Elektabilitas Kaesang Unggul di Jateng, Bakal Beralih dari Jakarta?

  • Arief Rahman

    05 Jul 2024 | 10:45 WIB

    Bagikan:

image

Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep di kantor Muhammadiyah DKI Jakarta, Jumat (21/6/2024). ( ANTARA/Walda Marison)

jurnalistika.id – Peneliti Saiful Mujani Reseach and Consulting (SMRC) Saidiman Ahmad mengatakan putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep punya kans maju pada pemilihan kepala daerah di Jawa Tengah (Jateng).

Ahmad menjelaskan, elektabilitas Kaesang cenderung lebih unggul dari calon lain di Jateng. Menurutnya, hal itu disebabkan karena Ketua Umum PSI itu memiliki sejarah tersendiri di daerah tersebut mengingat ayahnya dulu pernah menjadi Wali Kota Solo.

Faktor lain kata Saidiman, belum muncul tokoh lain yang menonjol dan menarik perhatian masyarakat Jateng. SMRC mencatat tingkat pengenalan warga terhadap nama-nama calon gubernur potensial masih di bawah 50 persen.

“Saya melihat belum ada tokoh yang benar-benar dominan dalam pemilihan gubernur di Jawa Tengah. Di antara nama-nama yang ada, Ahmad Luthfi dan Kaesang pangarep lebih unggul dibanding yang lain, namun keunggulan keduanya tidak dominan,” kata Sadiman di Jakarta, Jumat (5/7/2024) dikutip dari Antara.

Baca juga: Pandji Ungkap Alasan Marshel Widianto Tak Pantas Maju Pilkada Tangsel

Ahmad menerangkan, berdasarkan kondisi tersebut dipastikan pertarungan pada Pilgub Jateng masih terbuka akan masuknya tokoh-tokoh baru yang layak menandingi elektabilitas Kaesang Pangarep.

Kaesang Sempat Digadang-gadang di Pilgub Jakarta

Sebelumnya, Ketua Umum PSI Kaesang Pangerang sempat digadang-gadang bakal maju di Pilgub Jakarta 2024. Informasi itu bertebaran di jejaring media sosial, bahkan petinggi Gerindra Sufmi Dasco juga pernah mengunggah foto Kaesang berpasangan Budisatrio dengan tulisan “For Jakarta 2024”.

Tak hanya itu, nama Kaesang sempat dikaitkan mendampingi Anies Baswedan di Pilgub Jateng. Namun, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sudah mengusung Anies dengan Sohibul Iman.

Baca juga: Jeje Govinda Disebut Ikut Nyalon Bupati Bandung Barat di Pilkada 2024

Sementara, Dewan Pimpinan Wilayah PSI DKI sebelumnya menyebutkan akan ada kejutan pada Agustus 2024 berkaitan nama bakal calon gubernur Jakarta untuk Pilkada 2024.

“Calon tentu saja masih sangat dinamis, seperti disampaikan Ketum Mas Kaesang di banyak pertemuan, yaitu tunggu kejutannya pada Agustus,” kata Ketua DPW PSI Jakarta, Elva Farhi Qolbina di Jakarta, Selasa (2/7/2024).

Baca berita Jurnalistika lainnya di Google News, klik di sini

Jawa Tengah

Kaesang Pangarep

Pilada 2024


Populer

Sejarah Kesultanan Banten Ubah Jalan Perdagangan Nusantara
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami