Jurnalistika
Loading...

Dukung Hak Angket, Mahasiswa hingga Pelajar Demo di Gedung DPR RI

  • Arief Rahman

    01 Mar 2024 | 14:45 WIB

    Bagikan:

image

Gedung MPR/DPR. (Dok. mpr.go.id)

jurnalistika.id – Massa yang terdiri dari masyarakat, mahasiswa, dan pelajar menggelar aksi demonstrasi sebagai bentuk dukungan terhadap hak angket di depan Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (1/3/2024).

Jumlah massa aksi sekitar puluhan orang, mereka tiba di depan gedung DPR kurang lebih pada pukul 10.43 WIB atau sebelum tiba waktu sholat Jumat. Sehingga mereka juga melaksanakan sholat Jumat berjamaah di lokasi demonstrasi.

Aksi ini digelar untuk mendukung DPR menggulirkan hak angket guna mengusut kecurangan Pemilu 2024. Dalam tuntutannya, mereka juga menyuarakan agar harga sembako diturunkan dan pemakzulan terhadap Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Baca juga: Ragam Pendapat Soal Penyebab Kenaikan Harga Beras, dari Bagi-bagi Bansos hingga El Nino

Peserta demo ini juga menggelar aksi simbolis berupa pembubuhan tanda tangan di sebuah spanduk besar berwarna putih yang berada di pelataran depan kompleks parlemen.

Secara bergantian, mereka memberikan tanda tangan sebagai bentuk dukungan terhadap hak angket. Selang beberapa menit, spanduk yang semua berwarna putih pun tampak sudah dihiasi tinta spidol berukir tanda tangan.

Selain tanda tangan, ada juga tulisan berupa pesan yang ditujukan kepada Ketua DPR Puan Maharani.

“Ibu Ketua DPR RI ini tantangan buat ibu Puan yang terhormat harus turunkan 70KOWI,” tulis pesan yang disampaikan kepada putri Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri itu.

Baca juga: Waspada! BMKG Prediksi Hujan Lebat Masih Terjadi di DKI Sekitarnya pada Maret 2024

Sebelumnya, Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes menerjunkan 2.590 personel gabungan untuk mengamankan demo ini. Terdiri dari Polda Metro Jaya, Polres Metro Jakarta Pusat, TNI, Pemda DKI, dan instansi terkait.

Pengalihan arus lalu lintas di sekitar Gedung DPR bersifat situasional juga diterapkan. Rekayasa arus lalu lintas akan diberlakukan melihat perkembangan dinamika situasi di lapangan.

Baca berita Jurnalistika lainnya di Google News, klik di sini.

demonstrasi mahasiswa

Hak Angket

Hak Angket DPR


Populer

Potret Lautan Massa Aksi Penuhi Jalanan Depan Gedung Parlemen
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami