Jurnalistika

DKUKM Gadeng KoBar Melatih Kaum Milenial Ciptakan Usaha Kopi Shop

  • Malik Abdul Aziz

    12 Agt 2022, 21:57 WIB

    Bagikan:

image

Foto: Pelatihan Barista yang dilakukan KoBar

Jurnalistika.idDinas Koperasi dan UKM menggandeng Kopi Bareng (KoBar) dalam memberikan pelatihan kepada kaum milenial dalam menciptakan usaha dibidang Coffee Shop dan mengurangi pengangguran.

CEO KoBar, Ralf Novizon bersama Barista Radya Hargosunu memberikan pengetahuan sekaligus praktek pembuatan kopi bertempat di Hotel Pranaya Boutique, Jumat (12/8/2022).

Dalam kegiatan tersebut, Ralf sendiri mengatakan bahwa KoBar dan pemerintah Kota Tangsel sudah bekerjasama sejak tahun 2018.

“Program ini memang sudah di lakukan sejak zaman bu airin masih menjadi Wali Kota, sejak itu kami di ajak pemerintah kota terkait membantu dalam pengurangan pengangguran,” kata Ralf, Jumat (12/8/2022).

Dirinya menambahkan, selain mengurangi pengangguran dan membuat usaha Coffee Shop yang lebih penting adalah meningkatkan PAD untuk Tangsel.

“Selain mengurangi pengangguran, kita secara tidak langsung menciptakan pengusaha yang di mana dapat menambah PAD untuk Pemkot Tangsel,” ungkapnya.

Lanjut, Ralf sendiri mengapresiasi konsep pelatihan untuk para milenial dan memberikan pesan untuk bisa lebih mandiri.

“Jadi para kaum milenial bukan cuma hanya nongkrong doang, tapi bisa menghasilkan uang dari pelatihan ini,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UKM, Warman Syanudin mengatakan pelatihan ini bermaksud untuk dapat meningkatkan kemampuan serta membuka usaha baru bagi para pemuda.

“Dari pelatihan terkait Kopi, kedepannya mereka bisa menciptakan lapangan pekerjaan baru atau mendapatkan kemampuan untuk mengembangkan usahanya,” kata Warman, Jumat (12/8/2022).

Lanjut, dirinya menjelaskan bahwa pelatihan yang digelar oleh DKUKM bukan hanya mengenai bidang kuliner saja, melaikan ada juga bidang kreatif.

“Bukan hanya bidang kuliner saja, tapi kemaren juga ada pelatihan bidang kreatif dan lain-lain,” jelasnya.

Dalam pesan Warman kepada para pemuda, dirinya ingin bahwa kaum pemuda bisa lebih kreatif dan meningkatkan dirinya hingga dapat bersaing untuk di era sekarang.

“Terus melatih diri untuk kaum pemuda Tangsel, karena persaingan di dunia usaha di Era sekarang begitu sulit dan kelak bisa menjadi bersaing dengan kompetitor hebat,” pungkasnya. (Adv)

Dinas Koperasi dan UKM Tangsel

Kopi Bareng

Pelatihan Barista

Usaha Coffee Shop

Warman Syanudin