Jurnalistika
Loading...

Digelar Mulai 12 Desember, Ini 5 Tema Debat Capres-Cawapres Pilpres 2024

  • Arief Rahman

    01 Des 2023 | 14:35 48IB

    Bagikan:

image

Tema debat capres-cawapres Pilpres 2024 dari KPU. (Foto: Antara)

jurnalistika.id – Debat calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (capres) rencananya akan digelar sebanyak lima kali. Adapun tahap pertama akan dimulai pada Selasa (12/12/2023) mendatang.

Berdasarkan tema debat capres-cawapres yang dirilis oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), setiap tahap nantinya akan memiliki pembahasan berbeda. Namun, semuanya merupakan permasalahan yang terkait tentang gagasan para kandidat saat memimpin nanti.

Ketua Divisi Teknis KPU Idham Kholik mengatakan, pemilihan tema debat Pilpres 2024 sudah melalui proses diskusi bersama tim kampanye masing-masing kandidat.

Baca juga: Debat Capres-Cawapres Akan Digelar 5 Kali, Ini Jadwal Lengkapnya

Pemilihan tema juga merujuk pada visi nasional yang tercantum dalam Pembukaan UUD Tahun 1945. Kemudian merujuk juga pada Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN).

5 Tema Debat Capres-Cawapres Pilpres 2024

Debat I akan digelar pada 12 Desember 2023, mengangkat tema Hukum, HAM, Pemerintahan, Pemberantasan Korupsi, dan Penguatan Demokrasi.

Debat II akan berlangsung pada 22 Desember 2023 dengan tema Pertahanan, Keamanan, Geopolitik, dan Hubungan Internasional.

Sementara debat III akan dilanjutkan pada 7 Januari 2024. Temanya seputar Ekonomi (Kerakyatan dan Digital), Kesejahteraan Sosial, Investasi, Perdagangan, dan Pajak (Digital), Keuangan. Lalu Pengelolaan APBN dan APBD, dan Infrastruktur.

Baca juga: 250 Juta Data Pemilih Pemilu 2024 Diduga Bocor, KPU Telusuri

Selanjutnya, debat IV dijadwalkan pada 21 Januari 2024, membahas tema Energi, SDA, SMN, Pangan, Pajak Karbon, Lingkungan Hidup, Agraria, dan Masyarakat Adat.

Terakhir, debat V digelar pada 4 Februari 2024. Tema Teknologi Informasi, Peningkatan Pelayanan Publik, Hoaks, Intoleransi, Pendidikan, Kesehatan (Post-Covid Society), dan Ketenagakerjaan.

Acara debat ini akan ditayangkan di TV nasional dengan total durasi 150 menit dan dibagi menjadi enam segmen per tahap. Mulai dari pembukaan, pembacaan tata tertib,  penyampaian visi-misi dan program kerja, hingga segmen para kandidat saling sanggah.

Baca berita Jurnalistika lainnya di Google News, klik di sini.

debat capres-cawapres

Pemilu 2024

Pilpres 2024

tema debat capres-cawapres


Konten Sponsor

Populer

Gunung Marapi di Sumbar Meletus, 11 Pendaki Ditemukan Meninggal Dunia
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami