Jurnalistika
Loading...

3 Bus Gratis Siap Antar Jemput Siswa Sekolah di Tangsel

  • Jurnalistika

    05 Sep 2023 | 14:05 WIB

    Bagikan:

image

Wakil Wali Kota Tangsel Pilar Saga Ichsan melakukan ujicoba bus sekolah. (dok: humastangsel)

jurnalistika.id – Bus Trans Anggrek milik Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) siap difungsikan sebagai transportasi gratis untuk antar jemput anak sekolah. Ada 3 bus yang akan dioperasikan untuk melayani pulang-pergi siswa-siswi di Tangsel itu.

Wakil Wali Kota Tangsel, Pilar Saga Ichsan mengatakan, layanan tersebut menjadi salah upaya pihaknya mengatasi kemacetan lalu lintas dan polusi udara. 3 bus itu, kata Pilar, akan melayani 2 jalur trayek yang melintasi puluhan sekolah dan kampus di wilayah Serpong, Serpong Utara, dan Pamulang. 

Adapun 1 unit Bus lagi, lanjut dia, akan segera dipersiapkan untuk diuji coba di wilayah Ciputat. Sebelumnya, bus sekolah gratis sudah pihaknya lakukan ujicoba pada Senin (4/9/2023) bersama Dinas Perhubungan.

“Dengan uji coba ini Dinas Perhubungan akan mengetahui sejauh mana antusiasme dan efektifitas Bus Sekolah ini dalam memberikan pelayanan. Dan juga mengetahui titik-titik spot Bus Stop dan Halte yang akan secara permanen dibangun kedepannya,” kata Pilar, dikutip dari keterangan unggahan di akun Instagramnya @pilarsagaichsan, Selasa (5/9/2023).

Jika Ujicoba Berhasil, Bus Sekolah Gratis Tangsel Akan Diperbanyak

Pilar mengatakan, bila uji coba ini berhasil, melalui APBD 2024 jumlah Bus Sekolah Gratis akan diperbanyak agar bisa menjangkau seluruh wilayah di Tangsel. Hal itu seiring dengan terbitnya kajian 34 jalur trayek terbaru di Tangsel

“Saat ini kami sudah melakukan sosialisasi kepada puluhan sekolah dari berbagai tingkatan, yang dilintasi oleh Bus Sekolah ini agar anak-anak pelajarnya bersedia menggunakan fasilitas transportasi massal ini,” lanjutnya.

Selain itu, pihaknya juga tengah mempersiapkan aplikasi untuk dapat mentracking dan mengetahui jumlah kapasitas Bus dalam waktu real time. Hal itu sedang dibahas bersama Dinas Komunikasi dan Informasi.

“Jadi para pelajar dan orang tua bisa mengetahui berapa lama Bus akan sampai di Bus Stop, sudah sampai mana Bus berjalan. Dan juga mengetahui apakah kapasitasnya sedang full atau tidak,” ujarnya.

Untuk diketahui, sebelumnya Pilar bersama Dishub Tangsel telah melakukan ujicoba tiga Bus sekolah gratis itu. Rencananya, bus tersebut akan mulai beroperasi pada 7 September 2023.

Bus sekolah gratis yang sudah diujicoba itu akan melewati rute: Kantor Kecamatan Serpong Utara – Jalan Melati 1 – Jalan Villa Melati Mas Raya – Jalan Pahlawan Seribu – Jalan Letnan Sutopo – Jalan Ciater Raya – Jalan Benda Raya – Jalan Parakan, Pamulang.

Baca berita dan ikuti jurnalistika di Google News, klik di Sini.

Kota Tangerang Selatan

Pilar Saga Ichsan

trans anggrek


Populer

Bertabur Promo Sambut HUT DKI Jakarta 2024, Ada Tiket Gratis Ancol
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami