Jurnalistika
Loading...

Musim Hujan Tiba! Konsumsi 5 Minuman Hangat Ini untuk Menjaga Kesehatan

  • Arief Rahman

    04 Agt 2023 | 12:45 WIB

    Bagikan:

image

Ilustrasi minuman hangat musim hujan. (Pixabay/JillWellingto)n

jurnalistika.id – Musim hujan telah tiba membawa udara sejuk dan dingin, untuk itu penting menjaga kesehatan dengan mengonsumsi minuman hangat dan sehat. Sebab, minuman hangat adalah salah satu cara terbaik untuk mengatasi cuaca dingin agar dapat memberikan kenyamanan dan manfaat kesehatan selama musim penghujan.

Menjaga kesehatan dikala cuaca dingin sangat penting agar memperkuat sistem imun sehingga tidak mudah terserang penyakit penyerta yang biasanya muncul. Sebab, dilansir dari situs Kementerian Kesehatan, di tengah musim hujan biasanya banyak virus dan bakteri yang mudah berkembang.

5 Minuman Hangat yang Cocok Dikonsumsi Saat Musim Hujan

Berikut lima minuman hangat yang bisa dikonsumsi saat musim hujan tiba, guna menjaga tubuh tetap prima dan bisa beraktivitas seperti biasa.

1. Susu Hangat dengan Madu

Minuman susu hangat dengan tambahan madu adalah cara yang lezat dan bergizi untuk mengatasi musim hujan. Susu mengandung kalsium dan vitamin D yang baik untuk kesehatan tulang, sementara madu memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi.

Kombinasi kedua bahan ini membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu mengatasi gejala pilek dan batuk. Dengan mengonsumsi minuman ini, tubuh juga akan terasa hangat.

2. Wedang Uwuh

Wedang Uwuh merupakan minuman herbal yang terbuat dari berbagai rempah-rempah, daun, bunga, dan tumbuhan alami lainnya. Minuman ini berasal dari Jawa Tengah, Indonesia. Wedang berarti minuman hangat atau ramuan herbal, sedangkan Uwuh adalah bahasa Jawa yang berarti sampah atau limbah.

Baca juga: 7 Tips Menjaga Kesehatan Saat Musim Hujan yang Mudah Dilakukan

Dikutip dari laman Dinkes Provinsi Jogja, selain menghangatkan badan wedang uwuh juga bisa mengurangi kolesterol, serta menghilangkan rasa pegal dan capek. Sabagi anti oksiden, minuman ini juga dan mengobati masuk angin, hingga memperlancar peredaran darah.

3. Bandrek

Bandrek adalah minuman tradisional yang berasal dari wilayah Sunda, Jawa Barat, Indonesia. Sangat cocok dikonsumsi di musim hujan atau cuaca dingin karena dapat menghasilkan sensasi hangat pada tubuh.

Proses pembuatan Bandrek cukup sederhana. Bahan-bahan tersebut direbus bersama dalam air hingga mendidih dan aroma serta cita rasanya menyatu. Gula merah digunakan sebagai pemanis alami untuk menyeimbangkan rasa pedas dan menghadirkan rasa manis yang lezat.

4. Bajigur

Bajigur adalah minuman khas Sunda yang nikmat dan hangat di musim hujan. Campuran santan, gula merah, jahe, dan daun pandan menciptakan cita rasa yang khas. Nikmati bajigur sebagai pemanis di hari-hari dingin.

5. Jus Buah Hangat

Mungkin sebagian orang lebih mengenal jus sebagai makanan yang nikmat disantap dingin-dingin. Tapi ternyat, jus buah hangat juga bisa jadi alternatif yang sehat dinikmati di msim hujan.

Pilihlah buah-buahan seperti apel, pir, atau anggur untuk jus hangat Anda. Jus buah kaya akan vitamin C dan antioksidan, yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari serangan penyakit.

Baca berita Jurnalistika lainnya di Google News, klik di Sini.

(arn/red)

minuman hangat

minuman musim hujan

musim hujan


Populer

Bertabur Promo Sambut HUT DKI Jakarta 2024, Ada Tiket Gratis Ancol
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami