Jurnalistika
Loading...

Kenali 5 Manfaat Air Putih Bagi Kesehatan Tubuh

  • Sultan Alfharo

    11 Sep 2023 | 19:45 WIB

    Bagikan:

image

(Pexels/Karolina Grabowska)

jurnalistika.id –  Air merupakan unsur paling esensial bagi kehidupan manusia. Kita semua tahu bahwa manusia memerlukan air untuk bertahan hidup, dan nyatanya air putih memberi dampak positif pada kesehatan tubuh.

Air putih adalah sumber kesehatan yang tak ternilai, dan dapat menjaga tubuh agar terhidrasi dan menghilangkan dahaga. Karena itu, tubuh manusia perlu mengkonsumsi setidaknya 8 gelas atau setara dengan 2 liter setiap harinya.

Dilansir dari biofarma, berikut lima manfaat air putih bagi kesehatan tubuh.

1. Mencegah dehidrasi

Dehidrasi dapat terjadi ketika tubuh tidak memiliki cairan yang cukup, hal ini berbahaya bagi kinerja organ tubuh maupun fungsi tubuh. Dehidrasi tidak boleh disepelekan, karena dapat menyebabkan gangguan pada ginjal atau kejang fatal.

Penuhi cairan tubuh dengang mengkonsumsi air putih secara cukup, agar terhindar dari beragam kondisi tersebut.

2. Dapat mempengaruhi kinerja otak

Kekurangan cairan dapat mempengaruhi kinerja pada otak, mengapa? itu karena otak didukung oleh tubuh yang tercukupi asupan cairannya, jika tubuh kekurangan cairan maka berdampak pada kinerja otak.

Riset menyatakan bahwa dengan minum air putih secara cukup, dan memenuhi cairan tubuh dapat mengoptimalkan kinerja otak. Seperti meningkatkan konsentrasi dan mood dapat menjadi lebih baik.

3. Dapat menjaga kesehatan sendi dan otot

Mengkonsumsi air setiap hari dan mencukupi cairan dalam tubuh dapat bermanfaat bagi kelenturan dan kekuatan sendi otot. Jika cairan tubuh tercukupi, otot menjadi tidak kaku dan tubuh tidak cepat lelah ketika beraktivitas.

4. Air putih dapat menjaga kesehatan pencernaan

Kesehatan pencernaan dapat dipengaruhi oleh asupan cairan yang ada dalam tubuh. Apabila tubuh tidak memiliki cairan yang cukup, maka akan berdampak pada gangguan fungsi pencernaan.

Jika pencernaan tubuh terganggu, tubuh dapat mengalami sembelit dan susah BAB. Demi menghindari hal tersebut, penuhi kebutuhan cairan dengan mengkonsumsi air putih secara teratur.

5. Mencegah penyakit Kardiovaskular

Apabila cairan tubuh tercukupi, kamu dapat mencegah penyakit kardiovaskular. Misalnya seperti serangan jantung dan stroke. Mengkonsumsi air putih secara rutin, dapat menjaga fungsi organ tubuh dan memberi efek relaksasi pada pembuluh darah.

Sebagai informasi, Air putih membantu melarutkan garam dan mineral dalam urin kita, mencegah pembentukan batu ginjal yang menyakitkan. Dengan mengonsumsi cukup air, kita dapat mengurangi risiko terjadinya batu ginjal dan menjaga fungsi ginjal yang optimal.

Jangan menganggap remeh manfaat dari air putih, dan pastikan untuk menjadikannya sebagai bagian penting dalam rutinitas kesehatan.

Baca berita dan ikuti jurnalistika di Google News, klik di Sini.

Air Putih

Minum air putih


Populer

Bertabur Promo Sambut HUT DKI Jakarta 2024, Ada Tiket Gratis Ancol
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami