Jurnalistika
Loading...

Benarkah Jus Jeruk Bisa Mengatasi Pilek? Ini Penjelasan Ahli

  • Jurnalistika

    16 Okt 2023 | 16:45 WIB

    Bagikan:

image

Ilustrasi jus jeruk. (Pixabay/stevepb)

jurnalistika.id – Sebagian orang mempercayai jika segelas jus jeruk bisa membantu mengatasi pilek karena adanya kandungan vitamin C di dalamnya. Namun apakah hal tersebut benar atau hanya sekedar mitos? Simak penjelasan ahli berikut.

Melansir dari situs kesehatan Health, pendiri Real Nutrition NYC sekaligus seorang pakar diet, Amy Shapiro, MS, RD pernah menjelaskan terkait hal ini. Ia mengatakan kalau vitamin C memang antioksidan kuat untuk sistem kekebalan tubuh.

Selain mengandung vitamin C, jeruk juga mengandung potasium dan vitamin A. Semua kandungan itu dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dengan cukup baik.

Baca juga: Vitalitas Makin Loyo, Pengobatan Alternatif Kini Hadir di Jakarta

Namun, meski secara teoritis nutrisi yang ditemukan dalam jeruk bisa membantu setiap kali seseorang merasakan masuk angin. Shapiro menjelaskan, sangat sedikit penelitian yang secara khusus mengamati manfaat jus jeruk untuk pilek.

“Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen (Vitamin C) secara teratur dapat menangkal gejala pilek. Namun, meminumnya setelah Anda terkena flu tidak memperpendek durasinya,” kata Shapiro.

Minum Jus Jeruk Baik untuk Mendapatkan Vitamin C

Shapiro menerangkan mengonsumsi suplemen vitamin C seperti yang terdapat dalam jus jeruk dapat membuat seseorang mendapatkan dosis vitamin C tertentu. Dan juga lebih teratur daripada hanya mengandalkan diet untuk memenuhi kebutuhan vitamin C.

“Saya akan merekomendasikan untuk memasukkan (suplemen vitamin C) selama musim pilek dan flu jika Anda takut sakit. Ini akan memastikan Anda mendapatkan cukup makanan untuk mendukung sistem kekebalan tubuh Anda. Apa pun pilihan makanan yang tersedia pada hari minggu, atau bulan tersebut,” tuturnya.

Namun, Shapiro menekankan seseorang tidak boleh menjadikan suplemen menjadi pilihan utama. Tetapi harus memprioritaskan pemenuhan kebutuhan vitamin C melalui pola makan seimbang dan bergizi.

Lebih lanjut, Shapiro menyarankan agar mengonsumsi vitamin lain dan mineral (zinc) juga. Sehingga tubuh tidak hanya menerima asupan vitamin C, meskipun itu merupakan cara bagus untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Menurutnya, zinc dapat membantu mempersingkat durasi pilek sekitar satu hari atau lebih. Dengan catatan, dikonsumsi dalam 24 jam pertama setelah gejala muncul. Selain itu, dapat juga mencegah infeksi saluran pernapasan atas yang muncul setelah flu biasa.

“Elderberry adalah suplemen lain yang tinggi vitamin C dan dapat membantu meningkatkan kekebalan dan mengurangi durasi pilek atau flu,” tuturnya

“Mencukupi cairan penting untuk membantu menjaga kesehatan dan mencegah penyakit. Saat selaput lendir Anda menjadi kering dan pecah-pecah, kuman bisa masuk dan menyebabkan penyakit,” pungkasnya.

Baca berita Jurnalistika lainnya di Google News, klik di Sini.

jus jeruk

jus jeruk mengatasi pilek

pilek

vitamin c


Populer

Deretan Artis Masuk Radar Pilkada 2024, dari Pelawak hingga Musisi
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami